Sepi Wisatawan, Chinatown Bandung Kini Jadi Tempat Uji Nyali

- Rabu, 7 Juli 2021 | 10:15 WIB
Penampakkan Chinatown hari ini.
Penampakkan Chinatown hari ini.

ANDIR, AYOBANDUNG.COM - Dengan berat hati, kami nyatakan Chinatown Bandung TUTUP PERMANEN. Terima kasih atas dukungan kalian selama ini”

Kalimat yang cukup menyedihkan tersebut akan menyapa penglihatan kita, kala berunjung ke halaman profil Official Instagram Account Chinatown.

Harapan para wisatawan yang hendak mencari tahu informasi terkait tempat wisata Chinatown ini sirna seketika. Jumlah followers yang mencapai 29.000 dengan unggahan foto-foto tentang Chinatown yang indah, hari ini sudah tak punya banyak makna lagi.

Sejak Maret 2020, Chinatown berhenti beroperasi sebagai tempat wisata. Penyebab dari ditutupnya Chinatown tidak lain karena pengunjung yang datang semakin surut, pun ditambah karena efek pandemi Covid-19.

Hal tersebut dibenarkan oleh Uyan, mantan petugas keamanan dari Chinatown. Ia mengatakan, Chinatown sudah resmi ditutup dan kini hanya menyisakan kenangan manisnya saja.

Udah mulai sepi pengunjung, seharusnya dulu tuh minta 100 tiket ke luar, sedangkan yang masuk cuma 40 sehari tuh, sedangkan kan minimal itu 100 tiket keluar,” ujar Uyan kepada Ayobandung.com.

Kenangan dan Chinatown Hari Ini

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Kelenteng No. 41 ini dikelola oleh Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung (PERMABA). Dalam prasasti yang terdapat di dekat pintu masuk, dijelaskan bahwa Chinatown termasuk dalam bangunan cagar budaya di Kota Bandung. Adapun bangunan yang dibangun sebelum adanya Chinatown sudah ada sejak tahun 1938 dan dirancang oleh arsitek Max van Slooten.

Kini, walaupun penampakkan gedungnya masih berupa Chinatown, namun suasananya sudah berbeda. Kondisi fasilitas di dalam Chinatown sudah acak-acakkan. Lantai hingga tembok-tembok pun sudah ditutupi rerumputan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Trik Mancing Ikan Nila Badot di Waduk Cirata Jangari

Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:42 WIB

7 Wisata Outdoor Hits di Tasikmalaya

Rabu, 11 Agustus 2021 | 11:30 WIB

Jalan Braga: Surganya Spot Foto yang Instagramable

Rabu, 4 Agustus 2021 | 20:45 WIB
X