Virtual Tour Desa Wisata, Solusi Berwisata di Rumah Saja

- Selasa, 6 Juli 2021 | 11:25 WIB
Virtual Tour Desa Wisata, Solusi Berwisata di Rumah Saja
Virtual Tour Desa Wisata, Solusi Berwisata di Rumah Saja

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Virtual tour desa wisata yang telah didukung oleh KEMENPAREKRAF ini dapat anda nikmati secara gratis. Di sana telah ada berbagai playlist yang berisi tentang beragam virtual tour yang telah disediakan. 

Dengan kemajuan teknologi yang telah dicapai saat ini, menjangkau tempat yang jauh bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Dengan adanya teknologi reality 360 derajat, kita dapat seolah-olah datang dan berkunjung ke tempat-tempat wisata tanpa perlu meninggalkan rumah. Tentu saja hal ini adalah inovasi yang menarik, terlebih mengingat industri pariwisata yang tengah menurun ketika masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai waktu luang yang lepas dari beban pekerjaan maupun pendidikan, liburan seringkali dimanfaatkan orang-orang untuk melepaskan kepenatannya yang sudah menumpuk sehari-hari. Sayangnya, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang baru-baru ini diterapkan pemerintah membuat kita menjadi kehabisan pilihan untuk menghabiskan kesempatan liburan. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya kita tetap dapat berjalan-jalan ke berbagai tempat dengan melakukan vitual tour.

Kelebihan utama dari melakukan virtual tour adalah kemudahannya. Hanya dengan berbekal gawai dan jaringan internet, kita dapat mendatangi berbagai destinasi menarik yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini tentu disadari oleh Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF). Kementerian bahkan memberi dukungan langsung karena virtual tour dapat memajukan sektor pariwisata.

Selain menawarkan keindahan dari setiap keunikan objek wisata, virtual tour juga dapat dijadikan sarana rekreasi sekaligus edukasi karena telah dilengkapi oleh virtual tour guide. Nantinya, virtual tour guide ini akan menjelaskan objek yang dikunjungi dengan cukup detail.

Berikut adalah beberapa desa wisata yang dapat dikunjungi secara virtual melalui kanal youtube resmi Pesona Indonesia :

  1. Desa Pulau Baguk, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil
  2. Desa Belibak, Kepulauan Anambas
  3. Desa Wisata Nanas Madu Pemalang
  4. Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  5. Desa Bajo Mola, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
  6. Desa Ngilngof, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

Adapun bagi orang-orang yang ingin menikmati keindahan objek wisata seolah-olah kita sendiri ada disana, seperti dengan bebas dapat menengok ke arah manapun  yang kita mau, itu juga bukan hal yang tidak bisa dilakukan. Kanal youtube resmi KEMENPAREKRAF sendiri sudah menyediakan video 360 derajat dari beberapa tempat yang terkenal sebagai objek wisata. Disana, kita dapat merasakan pemandangan dari Gunung Bromo, kota Bandung dan kota Denpasar.

Setelah mengunjungi berbagai tempat yang menarik, kita bisa sadar kalau ternyata ada banyak tempat dengan keindahan luar biasa yang belum kita datangi meski secara offline. Bahkan boleh jadi, kita belum mengetahui keberadaan objek-objek wisata tersebut. Virtual tour inilah kesempatan bagi kita untuk mengenal lebih banyak lagi obyek wisata keren yang ada di indonesia, baik itu alam maupun tempat bersejarah seperti museum.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X