Melirik Pasar Barang Bekas di Astanaanyar Bandung

- Kamis, 20 Juni 2019 | 09:56 WIB
Para pelapak yang menjual barang bekas di sepanjang Jalan Astanaanyar-Jalan Pelana. (Dok. Jaka Jamalludin Yusuf)
Para pelapak yang menjual barang bekas di sepanjang Jalan Astanaanyar-Jalan Pelana. (Dok. Jaka Jamalludin Yusuf)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pada umumnya berbelanja keperluan pribadi atau keperluan rumahan dilakukan di pasar tradisional atau di pusat perbelanjaan. Namun ada lagi satu tempat yang mungkin bisa Anda kunjungi, yaitu pasar loak, yang menyediakan barang-barang bekas.

Salah satu pasar loak yang ada di Kota Bandung terletak di Jalan Astanaanyar, yang berlokasi tak jauh dari Taman Tegallega. Di sepanjang jalan tersebut sampai Jalan Pelana, dekat Rumah Sakit Pajagalan, terdapat banyak sekali pedagang yang berjejer.

Mereka menjual barang loakan dengan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari barang keperluan rumahan, aksesoris dan suku cadang motor, keperluan anak, alat bangunan, sampai keperluan pribadi seperti ponsel bekas dan batu akik

Di pasar ini pengunjung dapat membeli barang-barang yang diperlukan dengan harga murah meriah. Meski demikian, kualitas barangnya belum dapat dipastikan. Biasanya pedagang akan menjelaskan mengenai kondisi dan kekurangan barang yang ditawarkan kepada pembeli.

AYO BACA : Dishub Kota Cimahi Akan Uji Coba Trayek Baru, Citeureup-Pasar Cimindi

Konon pasar ini sudah ada sejak 1960-an. Pada zaman tersebut, Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi. Lagi pula pedagang barang bekas di Astanaanyar ini belum seramai sekarang. Melonjaknya jumah pedagang baru dimulai pada 1998.

Endang, salah satu pedagang barang loak rumahan yang dijumpai ayobandung.com pada Rabu (19/6/2019), mengaku sudah berjualan sejak tahun 70-an dengan bermodalkan tanggungan.

“Saya mulai usaha ini tahun 70-an, kalo berdirinya tahun 60-an. Lupa saya 60 berapanya, pokonya waktu itu saya masih pakai tanggungan belum ngampar seperti sekarang dan tentunya masih muda” ujarnya sambil tertawa dan mengelap salah satu barang loaknya.

Meskipun barang-barang yang dijual berupa loakan dan warnanya sedikit kusam, tetapi beberapa pedagang mengklaim bahwa kualitas barang loakan mereka lebih baik daripada barang palsu atau KW.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Kuliner Malam Bandung dengan View City Light

Senin, 8 November 2021 | 18:34 WIB

Jadwal Buka dan Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Minggu, 7 November 2021 | 06:00 WIB

Syarat dan Ketentuan Masuk Objek Wisata Lembang

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:00 WIB

10 Hotel Seru untuk Staycation di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 05:30 WIB

5 Cara Produktif Kerja setelah Liburan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Bukit Anti Galau, Pesona Baru Wisata Kota Cirebon

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:36 WIB
X