Ini Yang Perlu Disiapkan Jika Ingin ke Kawah Putih

- Sabtu, 9 Juli 2016 | 15:53 WIB
ilustrasi (jurusoca.blogspot.com)
ilustrasi (jurusoca.blogspot.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Objek wisata Alam Kawah Putih merupakan ikon pariwisata Kabupaten Bandung, tidak heran jika banyak turis baik lokal maupun mancanegara mendatangi tempat tersebut.

Saat libur Idul Fitri tahun ini, ribuan orang datang untuk melihat secara dekat hamparan air yang tampak berwarna putih bekas letusan gunung berapi tersebut.

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata di selatan Kabupaten Bandung tersebut, harus menyiapkan beberapa hal ini supaya ketika datang bisa merasa nyaman dan tidak terganggu oleh hal-hal diluar perkiraan.

Sama dengan berkunjung ke objek wisata lain, hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja uang, karena untuk bisa masuk ke kawasan objek wisata, perhutani sebagai pengelola menarik retribusi sebesar Rp20 ribu tiap orangnya.

Retribusi atau tiket masuk tersebut, belum termasuk ongkos transportasi yang dikenal dengan nama ontang-anting. Untuk diketahui, jarak dari pintu masuk ke kawah cukup jauh, pihak pengelola tidak memperbolehkan pengunjung khususnya pengendara roda dua dan roda enam atau lebih membawa kendaraannya. Sehingga, menggunakan ontang-anting merupakan keharusan, setiap orang harus membayar Rp15 ribu untuk ongkos kendaraan pengangkut tersebut.

"Untuk keamanan, hanya roda empat saja yang diperbolehkan masuk sampai ke kawah, sisanya tidak diperbolehkan," tutur Hendi Apialawan, korlap wisata kawah putih.

Untuk wisatawan yang akan menggunakan kendaraan roda empat sampai ke kawah, ditarik biaya jasa lingkungan sebesar Rp150 ribu, biaya sebesar itu belum termasuk tiket masuk orang di dalam mobil.

Sementara, bagi pengguna kendaraan roda dua, karena diharuskan menggunakan ontang-anting, maka harus menyiapkan uang sebesar Rp5ribu untuk jasa parkir.

Tidak hanya jasa parkir, pengendara roda dua juga harus menyiapkan untuk penitipan helm. Biaya penitipan satu buah helm adalah Rp5 ribu, akan ada tambahan jika kita menitipkan tas.

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

Kuliner Malam Bandung dengan View City Light

Senin, 8 November 2021 | 18:34 WIB

Jadwal Buka dan Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Minggu, 7 November 2021 | 06:00 WIB

Syarat dan Ketentuan Masuk Objek Wisata Lembang

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:00 WIB

10 Hotel Seru untuk Staycation di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 05:30 WIB

5 Cara Produktif Kerja setelah Liburan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Bukit Anti Galau, Pesona Baru Wisata Kota Cirebon

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:36 WIB
X