Kakek Delapan Cucu 50 Tahun Menjadi Muadzin di Masjid Cipaganti

- Rabu, 24 Juni 2015 | 09:31 WIB
RAMADAN:Dibulan ramadan ini masjid Cipaganti menyimpan kisah tentang seorang muadzin yang menggeluti profesinya hingga 50 Tahun.(danny/ayo bandung)
RAMADAN:Dibulan ramadan ini masjid Cipaganti menyimpan kisah tentang seorang muadzin yang menggeluti profesinya hingga 50 Tahun.(danny/ayo bandung)

 

Bandung - Meski usia tak lagi muda namun Uji Dimyati masih semangat menyiapkan berbagai keperluan masjid, bahkan ketika waktu sholat tiba Pak Uju selalu terdengar mengumandangkan Adzan.

Menjadi muadzin(tukan adzan) memang bukan hal baru bagi kakek delapan cucu ini, ia sudah melakoni hal itu hingga setengah abad di salah satu Masjid tertua di Kota Bandung, Masjid Cipaganti. Masjid Cipaganti sendiri adalah masjid yang dibangun oleh arsitektur Belanda, Kamal Wolf Schoemaker pada tahun 1933.

"Sekitar tahun 1965, Pak Sujai (Muadzin dan Marbut Masjid Cipaganti saat itu) meninggal dunia dan waktu itu Penghulu Bandung menunjuk saya untuk menggantikan posisi Pak Sujai kemudian saya terima tawaran itu," kata Uju Dimyati, di Masjid Cipaganti Bandung.

Meski asam garam sudah dinikmati Uju, namun ia enggan menceritakan asam nya menjadi muadzin, baginya sudah cukup buat dirinya menikmati profesinya tersebut.

Selama Bulan Suci Ramadhan 2015, tugas Uju sebagai muadzin sekaligus marbut di Masjid Cipaganti Bandung dimulai sejak pukul 03.00 dini hari.

"Kalau untuk bulan puasa jam 3 subuh bapak sudah datang ke masjid menyiapkan segala hal untuk shalat subuh dan sahur di sini. Biasanya kalau lagi bulan puasa tugas bapak di sini selesai antara jam 8 atau 9 malam," ujar dia.

Ia menuturkan, tugasnya sebagai muadzin di masjid yang terletak di Jalan Cipaganti Nomor 85 Kota Bandung ini akan terhenti jika sedang sakit.  "Malah kalau bapak lagi sakit atau tugas ke luar, sebagian jamaah di sini tahu kalau yang adzan di masjid bukan bapak," kata dia.

Walaupun tidak mendapatkan penghasilan yang besar sebagai muadzin di masjid tersebut, Uju mengaku tetap bahagia dan selalu bersyukur dengan segala yang ia dapatkan dari profesinya tersebut.

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

Lokasi dan Tiket Masuk Margacinta Park Terbaru 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:01 WIB

FOTO: Indahnya Hutan Menyala Tahura Djuanda

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:30 WIB

Lokasi dan Tiket Masuk Ecopark Curugtilu Ciwidey

Jumat, 24 Desember 2021 | 11:53 WIB

Kuliner Malam Bandung dengan View City Light

Senin, 8 November 2021 | 18:34 WIB
X