Buah Unik Indonesia yang Sulit Ditemukan di Perkotaan

- Kamis, 29 Juli 2021 | 16:45 WIB
Buah cecendet atau ciplukan.
Buah cecendet atau ciplukan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berada di iklim tropis menjadi keuntungan bagi Indonesia lantaran memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Ribuan spesies flora dan fauna tersebar di seluruh wilayah dari Sabang sampai Merauke, tak mengherankan jika negara kita mempunyai jenis-jenis buah yang unik.

Namun, seiring perkembangan jaman tanaman-tanaman dari buah unik tersebut kini sudah jarang ditemukan khususnya di perkotaan. Berikut rangkuman Ayobandung.com mengenai lima buah asli Indonesia yang sudah mulai jarang ditemui.

1.       Kecapi

-
Buah Kecapi. (Wikimedia Commons/Hariadhi (CC))

Kecapi atau buah santol adalah salah satu buah asli Indonesia yang mulai sulit ditemukan.  Buah ini seukuran apel tapi saat dikupas dagingnya bertekstur seperti manggis dengan rasa manis asam yang menyegarkan, unik ya? Tak kalah dengan buah populer lainnya, Kecapi juga memiliki banyak manfaat untuk menangkal berbagai penyakit seperti menurunkan kolesterol, mengatasi gangguan pencernaan, hingga mencegah kanker.

 

2. Buah Menteng atau Kapundung

-
Buah Menteng. (Wikimedia Commons/Sakurai Midori (CC))

Buah menteng merupakan salah satu buah musiman yang hanya berbuah dari bulan Januari hingga Maret. Buah menteng atau dikenal juga buah kepundung mempunyai rupa yang mirip dengan buah dukuh tapi mempunyai rasa yang berbeda. Buah menteng memiliki kulit yang lebih tipis dengan kadar air pada daging buahnya yang lebih banyak. Rasa buah ini didominasi rasa asam dengan sedikit rasa manis. Walaupun mungil, buah menteng memiliki kandungan zat yang kaya akan mineral, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan.

3.  Buah Ciplukan atau Cecendet

-
Buah cecendet atau ciplukan. (Pixabay/RitaE )

Buah ciplukan atau cecenet dulu dikenal sebagai buah yang tumbuh dari tanaman liar, tak disangka seiring perkembangan jaman buah ini kemudian diteliti dan ditemukan bahwa buah mungil ini mempunyai banyak manfaat. Meski berukuran kecil ciplukan termasuk dalam kategori superfood maka tak heran buah yang dulu hanya dipandang sebelah mata kini bisa kita temukan dengan harga yang fantastis di supermarket, namun jarang ditemukan lagi di tempat terbuka di mana bisa kita dapatkan si mungil ini secara cuma-cuma. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Supernova Diprediksi Terlihat dari Bumi di Tahun Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:31 WIB

Ada Ribuan Letusan Gunung Berapi Purba di Mars.

Kamis, 16 September 2021 | 13:49 WIB

20 Pilihan Panggilan Sayang Unik, Romantis, Anti Alay

Selasa, 14 September 2021 | 17:31 WIB

Kode Redeem FF 12 September 2021, Klaim Sebelum Hangus

Minggu, 12 September 2021 | 01:21 WIB

4 Cara Sukses di Usia Muda yang Ternyata Gampang

Rabu, 8 September 2021 | 15:16 WIB
X