Fakta Virus Pilek yang Ternyata Berusia 700 Ribu Tahun

- Selasa, 27 Juli 2021 | 06:37 WIB
Ilustrasi -- Virus corona varian Lambda.
Ilustrasi -- Virus corona varian Lambda.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Human adenovirus C atau HAdV-C adalah spesies virus yang biasa menyebabkan pilek ringan pada anak. Virus ini ternyata memiliki usia yang jauh lebih tua daripada manusia moderen atau Homo sapiens.

Dilansir Republika.co.id dari sciencealert, Senin, 26 Juli 2021, sia HAdV-C terungkap melalui sebuah studi terhadap gigi susu berusia 31 ribu tahun. Gigi susu ini ditemukan di situs arkeologi yang terletak di timur laut Siberia bernama Yana Rhinoceros Horn Site (RHS).

Situs arkeologi itu berlokasi sekitar 480 kilometer di utara Arctic Circle. Gigi susu yang digunakan dalam studi ini merupakan satu-satunya sisa manusia yang ditemukan di situs tersebut.

Ada tiga buah gigi susu yang ditemukan para peneliti. Ketiga buah gigi susu ini berasal dari dua anak yang berbeda dengan kisaran usia 10 sampai 12 tahun.

Para peneliti menemukan sisa-sisa DNA dari beberapa jenis virus. Mereka lalu menggunakan materi genetik tersebut untuk merekonstruksi sejarah evolusi patogen-patogen tersebut.

Seperti diketahui, virus bisa masuk ke dalam gigi melalui aliran darah. Di sana, virus bisa terjaga di dalam jaringan keras hingga beribu-ribu tahun menurut peneliti Sofie Nielsen dari University of Copenhagen.

Tak seperti tulang di tubuh, gigi tidak beregenerasi. Gigi mempertahankan sel-sel yang sama dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, gigi dapat memberikan "rekaman" kumulatif mengenai semua patogen yang pernah mengenai seseorang.

Awal Mula Kemunculan Virus

Berdasarkan hasil analisis, peneliti mengestimasi bahwa HAdV-C muncul sejak lebih dari 700.000 tahun lalu. Artinya, virus ini sudah ada jauh sebelum Homo sapiens berjalan di bumi.

Temuan ini sudah diunggah pada 28 Juni melalui preprint database bioRxiv. Akan tetapi, temuan ini belum melalui proses peninjauan oleh rekan sejawat.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Supernova Diprediksi Terlihat dari Bumi di Tahun Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:31 WIB

Ada Ribuan Letusan Gunung Berapi Purba di Mars.

Kamis, 16 September 2021 | 13:49 WIB

20 Pilihan Panggilan Sayang Unik, Romantis, Anti Alay

Selasa, 14 September 2021 | 17:31 WIB

Kode Redeem FF 12 September 2021, Klaim Sebelum Hangus

Minggu, 12 September 2021 | 01:21 WIB

4 Cara Sukses di Usia Muda yang Ternyata Gampang

Rabu, 8 September 2021 | 15:16 WIB
X