Tanaman Hias Aglaonema Jadi Tren pada Masa Pandemi di Cimahi

- Kamis, 24 Juni 2021 | 14:30 WIB
Salah satu tanaman hias yang diminati masyarakat saat ini adalah tanaman aglaonema.
Salah satu tanaman hias yang diminati masyarakat saat ini adalah tanaman aglaonema.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Merawat tanaman hias memang tengah menjadi tren di tengah pandemi. Dengan adanya pembatasan sosial mikro yang mengharuskan masyarakat bekerja dari rumah, hobi berkebun pun jadi lebih diminati masyarakat.

Salah satu tanaman hias yang diminati masyarakat saat ini adalah tanaman aglaonema. Dengan meningkatnya permintaan aglaonema, pedagang tanaman hias pun kebanjiran pesanan. Sebagaimana dialami Aat yang menjual tanaman hias di Cihanjuang, perbatasan antara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Kios tanaman Aat bisa menjual 20 hingga 25 tanaman aglaonema sehari. Menurutnya, pada hari-hari biasa selain pandemi, ia hanya terjual 5 tanaman dalam satu hari.

“Orang-orang banyak yang nyari tanaman aglaonema, terutama aglaonema cinta, claudia, silver king dan aglaonema harlequin. Sehari bisa nyampe 20 sampai 25 lah tanaman aglaonema. Untuk harganya mulai dari Rp 50.000 ribu sampai Rp 250.000 ribu per tanaman, tentunya ini menjadi semangat di tengah situasi pandemi,” ujar Aat

 Aat mengatakan, dalam memelihara tanaman aglaonema tidak sesulit tanaman lainnya. Ia pun memberikan kiat-kiat dalam memelihara tanaman aglaonema.

Pokona mah jangan kena sinar matahari terus-terusan, nanti teh si daunnya cepet jadi kuning. Sinar matahari jangan ga ada pisan, harus ada buat fotosintesisnya. Kalau cara kasih airnya di semprot aja sepekan dua kali kalau musim kemarau, kalo sekarang kan musim hujan ga usah keseringan sekali aja udah cukup. Kalau udah ada daun layu atau kuning dipangkas aja, kalau perlu kasih nutrisi biar ga layu atau kuning daunnya,” ujar Aat.

Menurut Vika, salah satu kolektor dan penghobi tanaman hias aglaonema di Cimahi, tanaman ini banyak diklaim memiliki daun yang indah. Pun harganya terjangkau, tergolong tanaman hias pot yang mudah dikembangkan, dan tumbuh pada jenis iklim apa saja.

“Tanaman aglaonema mudah dan murah dalam memelihara. Engga perlu lahan luas cukup di pot dan warnanya yang saya suka cerah membuat pikiran rileks dan melepas penat di tengah situasi pandemi ini,” ujar Vika.

Vika menambahkan, perlu memperhatikan dalam merawat tanaman agar hasilnya maksimal dan menjadi indah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Buaya dan 5 Hewan Paling Setia di Dunia Lainnya

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:23 WIB

6 Hewan Paling Setia di Dunia, Buaya Salah Satunya

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:12 WIB
X