Cara Usir Tikus dengan Tanaman Hias Saat Musim Hujan

- Selasa, 22 Juni 2021 | 06:50 WIB
Ilustrasi tanaman hias, sage.
Ilustrasi tanaman hias, sage.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tikus kerap kali disoroti sebagai hama di rumah-rumah, khususnya pada musim hujan ketika hewan ini sering merangkak masuk ke rumah untuk mencari tempat yang lebih kering.

Untuk mengurangi gangguan dari tikus ke rumah, rupanya tanaman hias dapat menjadi opsi yang lebih baik ketimbang menggunakan racun tikus. 

Menurut penelitian dari Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (UMA), sebenarnya racun tikus cukup ampuh dan praktis, namun cukup berbahaya jika ada balita atau hewan peliharaan di rumah. Oleh karena itu, tanaman-tanaman hias ini bisa menjadi alternatif yang tepat. 

Sage

Baik sage putih ataupun hijau sama-sama memiliki aroma yang tidak disukai tikus. Aromanya akan semakin kuat jika disimpan di ruangan. 

Berhubung sage termasuk tanaman yang harus terkena cahaya matahari setiap hari, sebaiknya sage disimpan di dekat jendela. Pada siang hari, jemur tanaman di teras atau halaman rumah dan masukkan kembali ke rumah pada sore hari. 

Daun mint

Selain bisa dimanfaatkan untuk bahan tambahan makanan dan minuman, daun mint juga berkhasiat untuk mengusir tikus dan serangga karena aromanya. Daun dapat ditanam di halaman rumah atau di pot. 

Lavender

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X