Tak Perlu Ragu Makan Jengkol, Ini 5 Tips Atasi Bau Mulut Saat Puasa

- Rabu, 14 April 2021 | 11:10 WIB
[Ilustrasi]  Salah satu penyebab bau mulut adalah makan makanan dengan aroma yang kuat. Lantas, apa yang harus dilakukan agar bau mulut tak terlalu berlebihan meski makan jengkol?
[Ilustrasi] Salah satu penyebab bau mulut adalah makan makanan dengan aroma yang kuat. Lantas, apa yang harus dilakukan agar bau mulut tak terlalu berlebihan meski makan jengkol?

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Jengkol dan petai mempunyai cita rasa yang khas hingga membuat banyak orang gemar mengonsumsinya. Sayangnya, makan jengkol dan petai akan membawa efek bau mulut, apalagi dalam kondisi puasa.

Menurut Oral Health Foundation, salah satu penyebab bau mulut adalah makan makanan dengan aroma yang kuat. Lantas, apa yang harus dilakukan agar bau mulut tak terlalu berlebihan meski makan jengkol?

Berikut ini terdapat lima tips ampuh untuk mengatasi bau mulut ketika puasa, mengutip dari Hellosehat melalui Suara.com (Jaringan Ayobandung.com).

1. Banyak minum air putih saat buka puasa hingga sahur

Minum air putih dapat membantu kamu mencegah dehidrasi. Setelah makan jengkol atau petai, sebaiknya segera minum air putih yang banyak untuk “membilas” sisa-sisa makanan yang mungkin masih terdapat di area mulut.

Banyak minum air putih turut berguna merangsang produksi dari air liur (saliva) yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

2. Segera sikat gigi usai makan
Selesai makan jengkol atau petai, ambil waktu untuk segera menyikat gigi. Hal ini dapat membantu mengurangi bau mulut dan menjaga kesegaran mulut saat berpuasa.

Lebih lanjut, jika kamu tidak menyikat gigi, maka bisa jadi masih terdapat sisa jengkol dan petai yang terselip di gigi sehingga mengakibatkan munculnya bau mulut.

3. Membersihkan lidah

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Penyebab Terjadinya Kiamat menurut Sains

Senin, 11 Oktober 2021 | 13:19 WIB
X