7 Tanaman Paling Sakral di Dunia

- Selasa, 1 September 2020 | 07:28 WIB
Beberapa tradisi agama di seluruh dunia memiliki kepercayaan terhadap kesucian tanaman, mulai dari bunga hingga pohon. Tanaman tersebut disimbolkan dengan kegiatan spiritual dan ada kaitannya dengan Dewa atau Tuhan.
Beberapa tradisi agama di seluruh dunia memiliki kepercayaan terhadap kesucian tanaman, mulai dari bunga hingga pohon. Tanaman tersebut disimbolkan dengan kegiatan spiritual dan ada kaitannya dengan Dewa atau Tuhan.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam beberapa tradisi agama, tanaman dipandang sebagai simbol spiritual. Tanaman tersebut memiliki berbagai manfaat, seperti kandungan gizi, khasiat obat-obatan, dan terkadang bertindak sebagai perantara dengan dunia roh.

Dari bunga teratai hingga basil, berikut adalah tujuh tanaman yang paling suci dan sakral, apa saja lambang yang diwakili dan alasan dibalik kesuciannya, dilansir dari hasil eksplorasi musisi Jahnavi Harrison dalam BBC.

Bunga teratai

Jahnavi menjelaskan bagaimana teratai merupakan tanaman yang memiliki lapisan makna dan narasi dalam konteks spiritual di negara timur. Bagi umat Hindu, bunga teratai yang indah dan menawan melambangkan kehidupan, kesuburan, dan kemurnian, seperti halnya umat Buddha. Teratai berdiri jauh di atas lumpur tempat ia tumbuh. Meski akarnya ada di lumpur, bunganya berada di atas air, bersih dan putih.

Teratai dipercaya muncul dari pusar Dewa Wisnu, dengan Brahma duduk di tengah bunga. Beberapa percaya bahwa tangan dan kaki Tuhan seperti teratai dan matanya berbentuk seperti kelopak bunga teratai, pandangan dan sentuhannya dikatakan selembut kuncup teratai. Agama Hindu juga mengajarkan bahwa dalam diri setiap orang terdapat roh bunga teratai.

Mistletoe

Biasanya mistletoe diasosiasikan dengan keajaiban Natal, tetapi simbolismenya sudah ada sejak zaman Druid Celtic kuno. Mereka percaya bahwa mistletoe mewakili esensi dewa matahari Taranis dan setiap pohon dengan mistletoe yang tumbuh di antara cabang-cabangnya dipercaya memiliki kesucian.

Titik balik matahari musim dingin adalah waktu ketika Kepala Suku Druid memotong mistletoe suci dari pohon ek dengan sabit emas. Tanaman dan buahnya tersebut kemudian digunakan untuk ritual atau pengobatan yang diyakini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit, penangkal berbagai racun, memastikan kesuburan pada manusia dan hewan, dan melindungi dari sihir. Namun faktanya, tanaman mistletoe ternyata beracun.

Basil Suci (Ocimum Sanctum)

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Supernova Diprediksi Terlihat dari Bumi di Tahun Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:31 WIB

Ada Ribuan Letusan Gunung Berapi Purba di Mars.

Kamis, 16 September 2021 | 13:49 WIB

20 Pilihan Panggilan Sayang Unik, Romantis, Anti Alay

Selasa, 14 September 2021 | 17:31 WIB

Kode Redeem FF 12 September 2021, Klaim Sebelum Hangus

Minggu, 12 September 2021 | 01:21 WIB

4 Cara Sukses di Usia Muda yang Ternyata Gampang

Rabu, 8 September 2021 | 15:16 WIB
X