Menjadi Minimalis dengan Metode KonMari

- Selasa, 15 Januari 2019 | 15:34 WIB
Metode bebersih KonMari buatan Marie Kondo bisa dilakukan juga untuk barang-barang digital. (The Japan Times)
Metode bebersih KonMari buatan Marie Kondo bisa dilakukan juga untuk barang-barang digital. (The Japan Times)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Metode bebersih KonMari buatan href="https://www.ayobandung.com/tag/-Marie-Kondo"> Marie Kondo tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan rumah, metode ini pun dapat dipakai untuk membersihkan hal lain, contohnya kehidupan digital. Dengan begitu, hidup kita menjadi href="https://www.ayobandung.com/tag/-minimalis"> minimalis, hanya memikirkan hal yang perlu saja. 

Marie Kondo, wanita yang terkenal berkat metode merapikan rumahnya yang ditayangkan di program "Tidying Up With href="https://www.ayobandung.com/tag/-Marie-Kondo"> Marie Kondo" ini dalam bukunya yang berjudul Joy at Work mengatakan, membersihkan ruang digital itu sama pentingnya dengan membersihkan dan merapikan rumah. Menurutnya, membersihkan jejak kehidupan digital bisa dimulai dari yang paling mudah, yaitu “membersihkan” foto.

AYO BACA : Marie Kondo dan Metode

Bagi kebanyakan orang, mengambil dan menyimpan banyak foto memang mengasyikkan. Namun, tetap saja, itu termasuk digital backlog. Oleh karenanya, menurut Kondo, sebaiknya pilihlah foto yang paling bagus dan hapuslah sisanya.

Selain foto, membersihkan dan merapikan laptop beserta berbagai macam kabelnya juga penting. Hal tersebut bisa membangkitkan semangat kerja.

AYO BACA : 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia

Prinsip spark joy milik Kondo juga berlaku di sini, jadi barang yang disimpan hanyalah barang yang dapat memberikan Anda kebahagiaan, ketenangan, dan semangat.

Ketika ingin membersihkan kabel-kabel dan pengisi daya, Kondo menyarankan untuk mengumpulkan semua kabel yang Anda miliki, mengeliminasi semua kabel “misterius”, lalu menyimpannya di dalam satu wadah yang sama. Setelah itu, pilih barang yang akan Anda simpan dengan cara mengurutkannya, mulai dari barang yang paling Anda suka sampai yang paling tidak disukai.

“Ketika anda memilah dan merapikan barang berdasarkan preferensi, akan terlihat jelas mana barang yang sebenarnya anda perlukan dan mana yang harus anda buang,” tambahnya, seperti dilansir dari Independent, Selasa (15/1/2019).

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X