Javaco, Harta Karun Kopi dari Bandung

- Kamis, 5 April 2018 | 18:32 WIB
Bagunan Kopi Javaco. (Arfian Jamul/ayobandung)
Bagunan Kopi Javaco. (Arfian Jamul/ayobandung)

KEBON JATI, AYOBANDUNG.COM--"Kunci pabrik Kopi Javaco telah diberikan kepada saya setelah lulus SMA. Sejak hari itu, bapak sudah tidak pernah datang ke pabrik lagi hingga beliau meninggal. Bagi saya, Kopi Javaco bukan hanya usaha keluarga," ujar pemilik Kopi Javaco, Hermanto kepada ayobandung.com.

Hermanto merupakan generasi keempat penerus keberlangsungan bisnis Kopi Javaco yang berdiri sejak tahun 1928. Usia yang nyaris satu abad ini, menjadikan Javaco jadi salah satu merek kopi tertua di Indonesia.

Sebuah buku telepon Jawa Madura terbitan tahun 1930 dan Telefoongids Bandoeng 1936, jadi bukti eksistensi Kopi Javaco sedari zaman Hindia Belanda. 

Dalam buku tersebut tertulis "Koffiefabriek Javaco Dir Lie Kim Gwan" yang beralamat di Postweg Tjikakak nomor 44 hingga 46. Hingga kini alamat tersebut masih dijadikan sebagai pabrik pengolahan Kopi Javaco.

Sementara toko penjualan menempati sebuah bangunan klasik dua lantai bergaya arsitektur art nouveau di Jalan Kebonjati 69 Bandung. Walau tua tapi kondisi bangunan masih sangat terjaga dengan dominasi warna putih dan kombinasi hijau pada bagian jendela dan kusen pintu. 

"Toko pindah ke Kebonjati setelah Kopi Javaco dikelola oleh kakek saya Lie Kim Gwan. Kakek itu generasi kedua setelah sebelumnya didirikan oleh buyut saya Lie Khay Hoo," ujar Hermanto.

Kopi Javaco memang didirikan oleh Lie Khay Hoo yang juga membangun usaha tepung dan gula. Namun, nama Lie Kim Gwan lebih dikenal karena dibawah kepemimpinannya, Javaco mengalami masa kejayaan.

Lie Kim Gwan merupakan putra kandung dari Lie Khay Hoo yang berasal dari Kota Malang. Ketika itu sekitar tahun 1020, Lie Kim Gwan tengah melanjutkan studi kedokteran di Kota London. Namun karena bisnis Javaco tidak kunjung membaik, sang ayah meminta Lie Kim Gwan pulang ke Indonesia dan meneruskan usaha keluarga.

"Lie Kim Gwan datang dan membawa banyak perubahan. Meski punya gelar kedokteran tapi Lie Kim Gwan tidak pernah jadi dokter. Beliau lebih memilih meneruskan usaha keluarga," ujar Hermanto mengenang.

Halaman:

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencari Pekerjaan

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:20 WIB
X