Asal-usul Mitos Dilarang Membuka Payung di Dalam Rumah

- Senin, 25 September 2017 | 11:20 WIB
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Nenek bilang jangan membuka payung di rumah. Ya, iyalah. Untuk apa pula membuka payung di dalam rumah? Sudah ada atap rumah yang terbuat dari asbes, tanah liat, atau beton – jika si pemilik rumah adalah orang kaya – yang melindungi kita dari hujan atau sengatan terik matahari.

Namun hal-hal logis itu kerapkali disambungkan dengan mitos-mitos yang terbangun sejak zaman nenek moyang kita. Misalnya, takhayul yang mengatakan jika membuka payung di dalam rumah niscaya bakal membawa kesialan bagi si empunya rumah. Masak?

AYO BACA : Mitos dan Fakta Tentang Malam Jumat

Begini.. Takhayul soal membuka payung di dalam rumah kemungkinan besar berasal dari abad ke-18, ketika payung masih merupakan penemuan yang relatif anyar. Meski desainnya mirip dengan payung yang ada di hari ini, namun payung pada zaman-zaman awal perkembangannya ini sangat sulit untuk digunakan. Kaku.

Tak ada jarak saat membuka payung. Payung tertutup rapat atau langsung membua dengan cepat. Seringkali dengan kekuatan sedemikian rupa, ujung payung bisa berbahaya bagi siapa saja yang berdiri di dekatnya. Bisa-bisa tertampar oleh ujung payung dan sakit.

AYO BACA : Mitos atau Fakta, Wisata Curug Cinulang Bikin Putus Pacaran?

Nah, karena membuka payung di dalam rumah seringkali berakibat pada konsekuensi negatif, walhasil takhayul soal payung pun berkembang untuk meminimalisir itu.

How Stuff Works menulis jika takhayul jangan membuka payung di dalam rumah pertama kali dibisikkan oleh orang Mesir Kuno.

Kala itu, bangsawan Mesir terlindungi dari sengatan matahari dengan payung yang terbuat dari papirus dan bulu merak. Payung itu dirancang untuk meniru dewi langit. Siapa pun yang membiarkan payung itu jatuh atau mengenai seseorang lainnya, maka mereka dianggap sebagai pembawa nasib sial.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Alasan Kipas Angin Berisik dan Cara Mengatasinya

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:02 WIB

Atasi Stres dengan Menjaga Kelembaban Udara Normal

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:19 WIB
X