Ini Cara Agar Kita Bisa Hafal Al-Quran Menurut Syekh Ali Jaber

- Kamis, 19 Mei 2016 | 17:23 WIB
Ilustrasi (media.nationalgeographic.co.id)
Ilustrasi (media.nationalgeographic.co.id)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber (SAJ) Syekh Ali Saleh Mohamed Ali Jaber memberikan kiat praktis untuk dapat menghafal Al Quran.

"Ada banyak cara untuk menghafal Aquran. Bahkan ada lebih dari 20 cara agar dapat menghafal Al Quran," ujar Syekh Ali Jaber.

Kiat praktis agar dapat menghafal Al Quran dengan baik adalah dengan mengulang-ngulang ayat demi ayat. Syekh Ali memberi contoh Surat Ash Shoff yang terdiri atas enam ayat, maka langkah pertama adalah dengan menghafal ayat pertama sebanyak 20 kali. Kemudian dilanjutkan hingga ayat ke enam, masing-masing ayat dihafal sebanyak 20 kali.

"Selanjutnya mengulang-ulang ayat keempat sampai ayat ke enam sebanyak 20 kali dengan cara dihafal. Tujuannya untuk mengikat antara masing-masing ayat tersebut atau memperkuat hafalan," tambah dia.

Berikutnya adalah mengulang hafalan ayat pertama sampai ayat keenam sebanyak 200 kali. Tujuannya adalah memperkokoh hafalan ayat-ayat yang ada.

"Begitu metode untuk menghafal Al Quran seterusnya." Meski demikian, dia mewanti-wanti masyarakat untuk tidak menghafal lebih dari dua halaman dalam satu hari, karena hal itu dapat menambah kesulitan menjaga hapalan.

"Justru hal demikian, malah akan menghilangkan hafalan," cetus dia.

Dia menambahkan jika setiap hari, bisa menghafal Al Quran sebanyak dua halaman maka dibutuhkan waktu selama 10 bulan enam hari untuk menyelesaikan hafalan 30 juz.

Menurut Syekh Ali, yang tersulit dalam hal menghafal Al Quran adalah bagaimana membaca Al Quran sama seperti diturunkan oleh Allah SWT. Untuk itu, dia menyarankan masyarakat untuk benar-benar mencari guru yang baik.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lirik Lagu dan Chord Gitar Desember - Efek Rumah Kaca

Selasa, 29 November 2022 | 16:56 WIB
X