Syarat Ibadah Umrah, Arab Saudi Sudah Perbolehkan Vaksin Sinovac

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:12 WIB
Ibadah Umrah; Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah memperbolehkan vaksin Sinovac sebagai syarat ibadah umrah maupun haji.  (Saudi Ministry of Media via AP)
Ibadah Umrah; Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah memperbolehkan vaksin Sinovac sebagai syarat ibadah umrah maupun haji. (Saudi Ministry of Media via AP)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah memperbolehkan vaksin Sinovac sebagai syarat ibadah umrah maupun haji.

Kabar ini tentu membuat lega jemaah haji dan umrah asal Indonesia yang sudah disuntik vaksin Sinovac.

Baca Juga: KARTU PRAKERJA GELOMBANG 19 KAPAN DITUTUP? Cara Daftar dan Tips Lolos Tes Motivasi

Namun nyatanya hingga kini Indonesia belum bisa menyelenggarakan ibadah umrah ke Arab Saudi.

Menurut Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, hingga saat ini pihaknya belum dapat melakukan dorongan ke pemerintah setempat terkait izin masuk jemaah umrah WNI ke Arab Saudi, mengingat penerbangan langsung dari Indonesia yang masih belum diizinkan oleh negara itu.

“Untuk dorong umrah belum bisa karena Indonesia masih di-suspend, belum boleh terbang langsung. Kita masih tunggu ketentuan lebih lanjut Saudi,” kata Eko dikutip Suara.com.

Baca Juga: Benarkah Kedelai dan Brokoli Mujarab Jadi Makanan Pencegah Kanker?

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Arab Saudi secara bertahap mulai menerima permintaan jemaah umrah dari luar negeri untuk mereka yang sudah divaksin dan pada Selasa (24/8/2021), pemerintah setempat resmi memperbolehkan vaksin covid-19 Sinovac dan Sinopharm bagi para calon jemaah.

Namun, menurut Konjen RI, penggunaan kedua vaksin tersebut harus sebagai vaksin booster di antara empat vaksin lain, yakni buatan Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X