Indonesia Resmi Pakai Sputnik V dari Rusia, Ayo Cek Info Vaksin di Bandung

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:23 WIB
[Ilustrasi] Vaksin diklaim berperan besar dalam menurunkan angka kasus Covid-19 di Kota Cimahi pada beberapa pekan terakhir. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi] Vaksin diklaim berperan besar dalam menurunkan angka kasus Covid-19 di Kota Cimahi pada beberapa pekan terakhir. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM baru saja menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Vaksin Sputnik V, salah satu vaksin Covid-19 asal Russia. Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan vaksin ini untuk warga berusia 18 tahun ke atas.

Dilaporkan oleh Ayojakarta.com, dengan dikeluarkannya EUA dari BPOM, Indonesia secara resmi menjadi negara ke-70 yang menggunakan vaksin Sputnik V. Hal ini dikatakan oleh CEO Russian Direct Investment Fund (RDIF) Kirill Dmitriev.

Berdasarkan data dari RDIF, vaksin ini telah digunakan di Argentina, San Marino, Serbia, Hungaria, Bahrain, Meksiko, dan UEA. Dimana di negara-negara tersebut, menunjukkan bahwa Sputnik V aman dan efektif melawan Covid-19.

Kirill mengatakan masuknya vaksin Sputnik V ke Indonesia sebagai program vaksinasi nasional, juga akan menjadi salah satu vaksin paling aman dan paling efektif.

“Salah satu yang paling aman dan paling vaksin yang efektif di dunia. Persetujuan di Indonesia berdasarkan hasil penilaian yang komprehensif terhadap vaksin Sputnik V, akan memberikan kontribusi penting dalam perjuangan negara melawan pandemic,” ujar Kirill dalam pernyataan resmi yang diterima Ayojakarta, Kamis 26 Agustus 2021.

BPOM menyatakan vaksin Sputnik V diberikan secara injeksi intramuscular dengan dosis 0,5 mL dengan dua kali penyuntikkan dalam rentang waktu tiga minggu.

“Efek samping paling umum yang dirasakan adalah gejala menyerupai flu, yang ditandai dengan demam, menggigil, nyeri sendi, nyeri otot, badan lemas, ketidaknyamanan, sakit kepala, hipertemia atau reaksi lokal pada lokasi injeksi,” ujar Penny.

Info Vaksin Covid-19 di Bandung

Berikut informasi lokasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung:

1. UPT Puskesmas Pasirkaliki

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Minyak Goreng 1 Liter Rp 14.000 Hanya Sehari?

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:53 WIB

Kemendikbud Ungkap Jadwal Pemberkasan PPPK Tahap 2

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:05 WIB

Jadwal Pengisian DRH PPPK Tahap 2, Berikut Panduannya

Senin, 17 Januari 2022 | 13:29 WIB
X