Muhammad Kace Jadi Tersangka, Sempat Bersembunyi di Bali untuk Hindari Aparat

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 06:03 WIB
Sudah Jadi tersangka, Muhammad Kece Terancam Pidana Hingga 6 Tahun Penjara (gambar: Istimewa)
Sudah Jadi tersangka, Muhammad Kece Terancam Pidana Hingga 6 Tahun Penjara (gambar: Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Muhammad Kace sempat bersembunyi di Bali sebelum ditangkap Tim penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Dilansir dari Republika.co.id, saat ini Muhammad Kace tetalh ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama.

“Ya betul (sudah ditangkap),” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Rabu, 28 Agustus 2021.

Namun Argo belum bisa membeberkan pasal sangkaan yang akan diberikan kepada youtuber tersebut. Maka itu Muhammad Kece dibawa oleh tim penyidik ke Gedung Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan.

Muhammad Kace telah dilaporkan oleh sejumlah pihak soal videonya yang diduga menistakan agama. Kepala Badan Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan mengatakan, usai melakukan gelar perkara, tim penyidik telah meningkatkan status kasus ini dari penyelidikan ke penyidikan.

Baca Juga: Peti Mati Kini Tak Terpakai di RSUD Sayang Cianjur, Kasus Kematian Covid-19 Sudah Nol

Dalam gelar perkara tersebut, penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup, yakni tangkapan layar dan video yang diunggah Muhammad Kace. Menurut Ramadhan, video yang diunggah Muhammad Kace berpotensi menimbulkan kegaduhan dan merusak persatuan bangsa.

Karena itu, Polri telah mengajukan kepada Kominfo untuk menghapus video Muhammad Kace dari media sosial Youtube.

“Dari 400 video yang telah diposting MK, sudah 20 video sudah di-take down,” ujar Ramadhan.

Salah satu ucapan Muhammad Kace yang kontroversial adalah dia menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal. Dia juga menyebut ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar sehingga harus ditinggalkan.

"Karena memang Muhammad Bin Abdullah ini pengikut jin," kata Muhammad Kace dalam tayangan di akun YouTube pribadinya berjudul 'Kitab Kuning Membingungkan' yang diunggah pada 19 Agustus 2021.

Dalam video di akun yang sama berjudul 'Sumber Segala Dusta', Muhammad Kace juga mengatakan bahwa Nabi Muhammad ini dekat dengan jin, "Muhammad ini dikerumuni jin, Muhammad ini tidak ada ayatnya dekat dengan Allah".

Muhammad Kace Dilaporkan ke Polda Jatim

Persatuan Pemuda Pemudi Pejuang Islam Indonesia (P4II) telah melaporkan YouTuber Muhammad Kace atas tuduhan penistaan agama. Perwakilan P4II, Tjetjep Muhammad Yasies mengatakan, ucapan yang disebarkan Muhammad Kace di YouTube sangat menghina Islam dan para santri.

Baca Juga: Skenario Cristiano Ronaldo Hengkang dari Juventus ke Manchester City: Rumit dan Menyebalkan!

Selain melakukan pelecehan dengan memplesetkan ucapan salam, terlapor juga menyebut kitab kuning sebagai rujukan menyesatkan.  Karena itu, Tjetjep meminta Kepolisian segera menangkap Muhammad Kace dan memprosesnya secara hukum.

“Kami mendesak polisi untuk segera menangkap Kece Murtadin, agar tidak menimbulkan kegaduhan dan segera memproses hukum,” ujar Tjetjep di Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu, 25 Agustus 2021.

Di sisi lain, Mabes Polri juga banyak menerima laporan terkait tuduhan penistaan agama terhadap Muhammad Kace. Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, ada sekitar empat laporan terkait ujaran penistaan agama yang dilakukan Muhammad Kace. Semuanya akan diproses di Bareskrim Mabes Polri.

Dugaan penistaan agama yang disebarkan Muhammad Kace memantik kecaman dari umat Islam di Indonesia, juga para tokoh agama. Salah satunya dari Wakil Ketum MUI Anwar Abbas.

Baca Juga: Ingin Juara Liga 1, Robert Alberts Ungkap Syarat yang Harus Dimiliki Persib

"Saya minta pihak kepolisian agar sesegera mungkin menangkap Muhammad Kace, memproses, dan menggiring ke pengadilan," ujar Anwar.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Pasien Omicron Meninggal Dunia Belum Suntik Vaksin

Minggu, 23 Januari 2022 | 10:26 WIB

Berbagai Penyebab Tenaga Honorer Dihapuskan

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:51 WIB

Video Kecelakaan Maut di Balikpapan yang Viral

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:39 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, 5 Tewas, 13 Luka-luka

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:24 WIB

Catat! Ini Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:15 WIB
X