Mengenal Asesmen Nasional, Syarat dan Tujuannya

- Senin, 23 Agustus 2021 | 15:59 WIB
Mengenal asesmen nasional. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Mengenal asesmen nasional. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Asesmen Nasional adalah program  pemerintah untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan sekolah dasar dan menengah.

Program ini sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang kerap menjadi diskriminasi antara si kaya dan si miskin.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, UN menyebabkan para orang tua yang mampu, bisa memberikan fasilitas bimbingan belajar (bimbel) tambahan bagi anaknya demi mendapatkan nilai UN yang tinggi.

Hal ini berbanding terbalik dengan siswa yang orang tuanya kurang mampu, yang tidak dapat menyediakan fasilitas di luar jam pelajaran sekolah.

“Udah tidak ada UN itu luar biasa diskriminatifnya karena yang mampu bimbel kalau dengan UN yang hubungannya dengan subjek, itu ya anak-anak atau keluarga yang mampu bisa bimbel. Dan yang tidak mampu, ya tidak bisa. Berarti mereka dapat angka rendah gitu. Jadi kita sudah ubah,” tegas Nadiem, beberapa waktu lalu.

Kebijakan Asesmen Nasional rencananya akan dilaksanakan pada September 2021. Jika UN hanya melibatkan siswa, Asesmen Nasional akan melibatkan kepala sekolah, seluruh guru, dan beberapa siswa.

Baca Juga: Kemendikbud: Asesmen Nasional (AN) Berbeda dengan Ujian Nasional (UN)

Instrumen Assesmen Nasional

Asesmen Nasional akan diukur menggunakan 3 instrumen, yaitu:

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X