Pemerintah Pusat Didorong Beri Izin Mal di Kota Bogor untuk Beroperasi

- Senin, 23 Agustus 2021 | 10:23 WIB
Berikut daftar mall yang buka dan syarat masuk mall di Kota Bandung (Asep Dadan M)
Berikut daftar mall yang buka dan syarat masuk mall di Kota Bandung (Asep Dadan M)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan kunjungan ke sejumlah mall dan pusat perbelanjaan. Hal tersebut dilakukan demi memastikan kesiapan mall dan pusat perbelanjaan untuk kembali beroperasi, jika Kota Bogor diberikan kelonggaran oleh pemerintah pusat pada perpanjangan PPKM Level 4 nantinya.

Bima Arya mengatakan, setidaknya ada dua mall di Kota Bogor yang disambanginya bersama Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro pada akhir pekan kemarin. Yakni Mall BTM dan Botani Square.

Dalam kunjungan itu, Bima Arya menilai secara umum mal-mal di Kota Bogor sudah siap untuk membuka kembali operasionalnya. Pemerintah Kota Bogor bersama pengelola mal sudah siapkan mekanisme protokol kesehatan yang diperlukan. Termasuk menyosialisasikan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang wajib digunakan sebagai skrining untuk pengunjung yang akan masuk.

Baca Juga: Penyakit Kanker Paru Masih Tinggi di Indonesia karena Disebabkan Hal ini

"Apalagi pada 23 Agustus 2021 ini hari terakhir pemberlakuan PPKM Level 4 oleh pemerintah pusat. Jadi sambil menunggu kebijakan pemerintah pusat soal perpanjangan PPKM Level 4, kami juga memastikan kesiapan mall dan pusat perbelanjaan. Agar pada saat nantinya sudah boleh buka kembali, mall dan pusat perbelanjaan bisa langsung beroperasi," katanya, akhir pekan kemarin

Bima Arya menilai, relaksasi-relaksasi untuk menggairahkan ekonomi lewat pelonggaran operasional sektor perekonomian sangat dibutuhkan. Terlebih jika melihat data dan angka perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bogor sudah cukup membaik.

Bima juga menilai, dalam pelonggaran sektor perekonomian seharusnya pemerintah daerah diberikan wewenang khusus. Mengingat pemerintah daerah lebih mengetahui kondisi masyarakat dan ekonomi di lapangan.

"Menurut hemat saya daerah diberikan kewenangan sendiri untuk mengurus hal-hal ini. Tidak mungkin pemerintah daerah gegabah membuka, sementara angkanya tidak landai. Saya berharap betul ada perubahan level dan zona sehingga sesegera mungkin mall bisa buka kembali," harapnya.

Sembari menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat, Bima meminta para pengelola pusat perbelanjaan untuk menyiapkan apa saja yang menjadi persyaratan.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB

Buruh Cianjur Lumpuhkan Jalan Raya Bandung

Selasa, 23 November 2021 | 11:35 WIB

Adakah WNA di Cianjur Bermasalah? Ini Kata Imigrasi

Senin, 22 November 2021 | 19:57 WIB
X