Déjà Vu ialah Fenomena Unik pada Otak Manusia, Begini Penjelasan Ilmiahnya

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:04 WIB
[Ilustrasi] Di kalangan masyarakat, Déjà Vu diyakini bahwa kita sedang mengingat pengalaman yang pernah terjadi di kehidupan masa lalu. (Pixabay/andreas160578)
[Ilustrasi] Di kalangan masyarakat, Déjà Vu diyakini bahwa kita sedang mengingat pengalaman yang pernah terjadi di kehidupan masa lalu. (Pixabay/andreas160578)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pernahkah Anda merasa familier ketika berada pada suatu situasi seolah sudah pernah mengalami hal tersebut, padahal apa yang Anda saksikan atau alami belum pernah terjadi sebelumnya?

Fenomena ini dalam bahasa Perancis disebut sebagai Déjà Vu yang berarti “sudah pernah melihat”.

Tidak perlu khawatir, fenomena ini cukup umum terjadi bahkan menurut jurnal Psycholgical Bulletin sekitar 2 dari 3 orang pernah mengalami Déjà Vu.

Di kalangan masyarakat, Déjà Vu diyakini bahwa kita sedang mengingat pengalaman yang pernah terjadi di kehidupan masa lalu.

Meskipun saat ini peneliti masih belum menemukan apa penyebab Déjà Vu secara pasti, hingga saat ini sudah ada 40 teori yang mencoba menjelaskan mengapa fenomena Déjà Vu bisa terjadi.

Salah satu teori menjelaskan bahwa Déjà Vu disebabkan karena adanya kejang pada bagian lobus temporal otak manusia disebut temporal lobe seizure. Menurut teori ini Déjà Vu berkaitan dengan gejala epilepsi yang mengakibatkan penurunan konsentrasi pada otak untuk merespons lingkungan atau keadaan sekitar hingga merasakan halusinasi atau merasa takut tanpa alasan.

Kemudian teori lain yang mencoba menjelaskan fenomena Déjà Vu adalah teori Familiarity Based Recognition. Teori ini menjelaskan Déjà Vu terjadi karena otak kita tidak mampu mengenali objek yang kita temui secara penuh.

Misalnya, kita melihat seseorang melakukan sesuatu yang menarik perhatian kita, kemudian esoknya di yang berbeda ternyata kita melihat orang lain melakukan suatu hal yang sama seperti orang kemarin. Hal ini membuat otak merespon tempat tersebut sebagai suatu hal yang familier padahal kita baru pertama kali ke sana.

Melansir penjelasan dari video Kok Bisa? Déjà Vu kerap kali terjadi pada orang yang sering travelling, menonton film, dan sering bermimpi. Penyebabnya lantaran seseorang yang sering melakukan kegiatan tersebut banyak mengingat objek-objek dalam pengalaman mereka sehingga ketika mereka berada dalam situasi terbaru objek-objek tersebut yang membuat mereka mengalami Déjà Vu. [Alya Nur Anisya] 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X