Tak Ada Tiang Bendera, Tiang Kabel Telepon Pun Jadi

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:51 WIB
Warga Kampung Situ Beet Kota Tasikmalaya gelar upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 dan menjadikan tiang kabel telepon sebagai tiang bendera, Selasa, 17 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Ist)
Warga Kampung Situ Beet Kota Tasikmalaya gelar upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 dan menjadikan tiang kabel telepon sebagai tiang bendera, Selasa, 17 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Ist)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Upacara peringatan HUT ke-76 RI, Selasa, 17 Agustus 2021, tidak hanya dilakukan oleh instansi pemerintah atau lembaga negara saja. Namun, dilakukan juga oleh masyarakat hingga ke tingkat RT dan RW di daerahnya masing-masing.

Seperti halnya di Kampung Situ Beet, Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Warga sangat antusias memperingati hari kemerdekaan dengan menggelar upacara bendera di lapangan bola voli yang ada di kampung mereka.

Upacara peringatan HUT ke-76 RI ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dengan mengenakan pakaian hasil kreasi seni warga dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Upacara 17 Agustus Bersama Kucing Peliharaan, Cara Unik Sambut HUT ke-76 RI

Uniknya, dalam upacara peringatan HUT ke-76 RI di Kampung Situ Beet ini, saat pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka akan mengibarkan bendera Merah Putih, mereka menaikan bendera di sebuah tiang kabel telepon yang berdiri tegak di pinggir lapangan.

Tanpa ada kendala, paskibraka dadakan warga Kampung Situ Beet ini pun berhasil melaksanakan tugasnya dengan mulus mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Upacara peringatan hari Kemerdekaan yang dipimpin oleh Ketua RW setempak berlangsung khidmat dan lancar, bahkan sebagian peserta upacara nampak menangis haru saat pembacaan Teks Proklamasi oleh salah seorang tokoh masyarakat Situ Beet.

“Upacara peringatan hari kemerdekaan di kampung kami ini merupakan upacara pertama kalinya. Biasanya upacara dipusatkan di tingkat kelurahan atau kecamatan,” ujar Ketua RW Situ Beet Yayat Mulyana, dilaporkan Ayotasik.com.

“Kami sengaja menjadikan tiang kabel telepon sebagai tiang bendera karena tempatnya yang tepat di tengah. Semua petugas upacara adalah warga Situ Beet,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X