Epidemiolog Sebut PPKM akan Selalu Ada Sampai Covid-19 Terkendali

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 07:26 WIB
PPKM. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
PPKM. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Iwan Ariawan, mengatakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus dilaksanakan dan dipantau secara ketat sesuai indikatornya. Ia yakin, jika hal itu dilaksanakan maka kasus Covid-19 bisa terus berkurang dan dikendalikan.

"PPKM akan selalu ada sampai wabah terkendali. Level PPKM bisa naik, tetap atau turun, sesuai indikatornya. Jika PPKM dilaksanakan dan dipantau ketat sesuai indikatornya, disertai peningkatan cakupan prokes, 3T dan vaksinasi, kasus akan semakin berkurang dan menuju wabah terkendali," kata Iwan Ariawan dinukil Republika.co.id, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: Satgas: Baru 23 Ribu Desa Bentuk Posko Covid-19

Iwan mengatakan, PPKM di Jawa-Bali telah menunjukan mampu menurunkan penularan Covid-19. Ia pun berharap, penerapan PPKM di luar Jawa-Bali juga menunjukan efek yang sama.

Per Senin, 16 Agustus, pemerintah mengizinkan kapasitas mal naik dari 25% menjadi 50%. Kemudian, aktivitas di rumah ibadah naik menjadi 50%. Lalu, bekerja di kantor bisa 100% dengan syarat ketat. Terkait pelonggaran tersebut, Iwan menyarankan prosedur yang sudah dibuat harus dilaksanakan secara konsisten.

"Perlu pemantauan apakah pelonggaran ini menyebabkan terjadinya peningkatan kasus Covid-19 pada pengunjung tempat-tempat tersebut atau tidak," ujar Iwan.

Jika ada indikasi prosedur tidak dilaksanakan secara konsisten atau menjadi sumber penularan, maka perlu pengetatan kembali. Bahkan penutupan tempat-tempat tersebut.

Baca Juga: Rumah Bung Karno saat Belajar Agama di Sukanagara Dibongkar

Ia menambahkan, pelaksanaan PPKM juga tetap harus disertai peningkatan cakupan protokol kesehatan, 3T (testing, tracing, dan treatment) dan vaksinasi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Penyebab Tenaga Honorer Dihapuskan

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:51 WIB

Video Kecelakaan Maut di Balikpapan yang Viral

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:39 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, 5 Tewas, 13 Luka-luka

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:24 WIB

Catat! Ini Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:15 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:02 WIB
X