35 Paskibraka Kota Tasikmalaya Dikukuhkan, Satu Orang Dikirim ke Tingkat Provinsi Jabar

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 11:10 WIB
Pengukuhan 35 anggota Paskibraka Kota Tasikmalaya di Gedung Djuang 45, Sabtu, 14 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)
Pengukuhan 35 anggota Paskibraka Kota Tasikmalaya di Gedung Djuang 45, Sabtu, 14 Agustus 2021. (Ayotasik.com/Heru Rukanda)

TAWANG, AYOBANDUNG.COM — Pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka menjadi satu hal yang penting dalam setiap upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Paskibraka pun ditempa dengan berbagai disiplin keilmuan dan pengetahuan berbangsa dan bernegara.

Paskibraka dilatih agar dalam menjalankan tugas mengibarkan bendera pusaka sang Merah Putih berjalan dengan baik dan lancar.

Lebih kurang satu bulan menjalani karantina, agar paskibrska fokus dalam berlatih, mereka pun akhirnya dikukuhkan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

Bertempat di Gedung Djuang 45 Kota Tasikmalaya, sebanyak 35 orang Paskibraka Kota Tasikmalaya dikukuhkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, Sabtu, 14 Agustus 2021.

"Hari ini kita kukuhkan Paskibraka Kota Tasikmalaya. Paskibraka ini sebagai simbol semangat juang para putra dan putri Kota Tasikmalaya meski di tengah pandemi Covid-19," ujar Yusuf.

Menurutnya, kendati pengukuhan anggota Paskibraka Kota Tasikmalaya di tengah situasi pandemi Covid-19, tapi tidak menyurutkan semangat dan makna dari sebuah proses pengkuhan.

"Keberhasilan 35 Paskibraka ini tidak lepas dari peran orang tua dalam mendidik anak serta mendukung dan motivasi sehingga mereka berhasil menjadi anggota Paskibraka," ucapnya.

Ia menuturkan, ke 35 anggota Paskibraka ini akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka sang Merah Putih pada saat puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya berpesan agar seluruh anggoya Paskibraka menjaga kesehatan sehingga pada saat bertugas dapat melaksanakan dengan baik dan lancar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Porabudpar) Kota Tasikmalaya Aan Hadian mengatakan, dari ratusan pendaftar yang mengikuti seleksi Paskibraka hanya 35 orang yang lolos tahap seleksi.

"Yang daftar itu mencapai 350 orang dari tingkat SMA, SMK,dan MAN di Kota Tasikmalaya. Setelah kita seleksi terpilih sebanyak 35 orang," ujar Aan Hadian.

Ia menambahkan, selama proses seleksi, latihan dan karantina pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para anggota paskibraka yang dikukuhkan dilatih oleh para purna Paskibraka dan TNI Angkatan Udara Lanud Wiriadinata.

"Kita juga mengirimkan perwakilan Paskibraka Kota Tasikmalaya untuk mewakili di tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar). Para Paskibraka ini dilatih secara fisik dan mental," ucapnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X