BUMN Center Unpad, ITL Trisakti, BI Jabar Gelar Infrastruktur Forum

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 16:01 WIB

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pusat Unggulan BUMN Center Universitas Padjadjaran dan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan infrastruktur forum.

Kegiatan yang mengangkat tema “Peningkatan Dukungan Infrastruktur Logistik Untuk Daya Saing Dan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat” ini akan diselenggarakan secara secara daring pada Sabtu (14/8/2021).

Ketua Pusat Unggulan BUMN Center Unpad Prof. Yudi Azis mengatakan, infrastruktur sebagai roda penggerak memiliki peran penting terhadap perekonomian dan juga peningkatan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat.

Infrastruktur juga berperan dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja serta daya saing dari industri. Jawa Barat, sebagai provinsi yang menjadi tulang punggung industri manufaktur di tanah air dan juga perekonomian Indonesia, serta memiliki jumlah penduduk terbanyak memahami betul urgensi dari kehadiran infrastruktur.

Oleh karena itu sejak beberapa waktu terakhir, pembangunan infrastruktur di wilayah ini terus digenjot. Antara lain, Pelabuhan Patimban, Kawasan Metropolitan Rebana, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati, Tol Cisumdawu, Pengembangan Wilayah Jabar Selatan, dan berbagai proyek infrastruktur lainnya. 

Akan tetapi, lanjut Yudi, percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan dirasa masih belum optimal khususnya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan daya saing industri di Jawa Barat Padahal, akselerasi yang dilakukan diharapkan mampu berbicara banyak apalagi di era globalisasi, daya saing melalui penguatan logistik.

Berdasarkan hal tersebut, Yudi mengatakan BUMN Center Unpad, bersama ITL Trisakti dan Prodi DIM FEB Unpad menggelar kegiatan infrastruktur forum untuk mendiskusikan langkah yang dibutuhkan agar rencana percepatan pembangunan infrastruktur terimplementasikan dengan baik serta berdampak pada perekonomian dan kemajuan Jawa Barat.

Kegiatan tersebut akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai pembicara kunci. Yudi mengatakan rangkaian infrastruktur forum merupakan bentuk perhatian dari seluruh stakeholder Jabar bagaimana upaya mengakselerasi pengembangan infrastruktur. Serta bersama-sama bersinergi dalam pengembangan infrastruktur di Tatar Priangan, serta mensinergikan antara Jabar utara dan Jabar selatan.

“Diharapkan melalui infrastruktur forum potensi pengembangan infrastruktur jabar dapat terekplorasi, sinergitas pengembangan dapat terakselerasi, dan pengembangan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat dapat lebih maksimal,” katanya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri-Ciri Pantun, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:14 WIB

Ini Onani yang Dibolehkan Islam, Apakah Anda Boleh?

Senin, 18 Oktober 2021 | 16:57 WIB

Hukum Maulid Nabi Muhammad SAW dan Cara Menyikapinya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:29 WIB

Ceramah Gus Baha: Jenis Ibadah yang Murah tanpa Biaya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:10 WIB

5 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:33 WIB

Wacana Aplikasi PeduliLindungi di Tempat Ibadah

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 12:17 WIB
X