Irfan Suryanagara dan Endang Kusumawati Dituntut 12 Tahun Penjara dan Denda Rp 2 Miliar

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:24 WIB
Mantan Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan istrinya, Endang Kusumawati dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 2 Miliar (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Mantan Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan istrinya, Endang Kusumawati dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 2 Miliar (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BALEENDAH,AYOBANDUNG.COM-- Mantan Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara dan istrinya, Endang Kusumawati dituntut 12 tahun penjara dan denda Rp 2 Miliar atas dugaan penipuan dan penggelapan juga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Dalam pembacaan tuntutan, Jaksa Penuntut Umum mengatakan berdasarkan fakta-fakta persidangan, Irfan Suryanagara secara sah dan terbukti melanggar pasal 378 juncto pasal 55 ayat 1 KUHPidana dan Pasal 3 juncto pasal 7 Undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan TPPU.

"Menuntut terdakwa Irfan Suryanagara dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp 2 miliar subsider kurungan 6 bulan penjara," ujar Jaksa Penuntut Umum dalam sidang, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: Teka Teki Penabrak Mahasiswi Cianjur Hingga Tewas, Siapa Sebenarnya?

Selain itu, JPU juga menuntut barang bukti nomor 1 sampai 146 untuk dikembalikan kepada Jaksa untuk dipergunakan dalam perkara atas nama Endang Kusumawati.

"Menuntut terdakwa Endang Kusumawati 12 tahun penjara dan denda Rp 2 miliar subsider kurungan 6 bulan penjara. Barang bukti nomor 1 sampai 110 dikembalikan kepada saksi korban atas nama Stelly. Barang bukti nomor 111 sampai 146 tetap terlampir dalam berkas perkara," ujarnya.

JPU, Fajar, mengatakan Irfan Suryanagara dan Endang Kusumawati sebagaimana dalam fakta persidangan telah terbukti secara sah melakukan penipuan investasi SPBU kepada saksi korban Stelly.

Dia menyontohkan salah satu buktinya adalah pernyataan Irfan dalam persidangan yang berbelit-belit, sehingga mengindikasikan kalau dirinya bersalah dalam perkara tersebut.

Baca Juga: Rekening BCA Dibobol Tukang Becak, Ini Cara Ambil Uang Lewat Teller yang Aman, Jangan Sampai Salah!

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X