Win-win Solution Nasib Honorer 2023, Tiga Opsi Mengerucut Jadi Solusi dan Tenaga Non-ASN Selalu Menanti

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:13 WIB
ilustrasi - Win-win Solution Nasib Honorer 2023, Tiga Opsi Mengerucut Jadi Solusi dan Tenaga Non-ASN Selalu Menanti (smkmucirebon)
ilustrasi - Win-win Solution Nasib Honorer 2023, Tiga Opsi Mengerucut Jadi Solusi dan Tenaga Non-ASN Selalu Menanti (smkmucirebon)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Harapan dan penantian nasib tenaga honorer di masa depan selalu menjadi hal yang ditunggu bagi tenaga non-ASN.

Pasalnya, para tenaga honorer masih terngiang-ngiang dengan surat edaran yang diterbitkan oleh pemerintah pada 31 Mei 2022 yang menyinggung soal penghapusan tenaga kerja honorer atau non-ASN di instansi pemerintah mulai 28 November 2023.

Kini, tahun berganti tahun, kalender pun sudah memasuki tahun 2023. Para tenaga honorer menantikan keputusan kejelasan statusnya di masa depan.

Baca Juga: Update! Tenaga Honorer 2023 Non ASN Bisa Diangkat PNS? Menpan RB Beri Kabar Terbaru soal Opsi

Jika mundur ke akhir tahun 2022 lalu, pemerintah pusat telah menerapkan 3 opsi dalam penataan tenaga honorer demi mencari solusi terbaik tenaga non-ASN. 

Opsi-opsi tersebut diantaranya tenaga honorerdiangkat seluruhnya menjadi ASN, opsi kedua selanjutnya yakni tenaga honorer diberhentikan seluruhnya atau opsi terakhir yakni diangkat sesuai dengan skala prioritas.

Namun 3 opsi tersebut belumlah bisa menjawab kepastian nasib tenaga honorer akan kejelasan statusnya. Oleh karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas bersama para gubernur, walikota, dan bupati, dalam rapat koordinasi pada awal pekan lalu di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, sepakat mengerucutkan beberapa alternatif demi menemukan titik terang yang lebih pasti.

"Kita mendetilkan alternatif terbaik terutama untuk non-ASN di seluruh Indonesia. Dan tadi mulai mengerucut ada beberapa alternatif yang nanti dirumuskan," kata Anas.

Baca Juga: Rincian Gaji Tenaga Honorer 2023 Lengkap Seluruh Indonesia, Jumlahnya Tak Kalah dengan Gaji PNS

Meskipun sudah ada beberapa opsi yang disepakati dan semakin mengerucut, Anas belum mengungkap rinciannya karena menurutnya beberapa alternatif tersebut  akan didetilkan bersama tim provinsi, kabupaten, dan kota.

Kendati demikian, Anas memastikan bahwa pemerintah pusat dan daerah akan terus berkolaborasi mencari alternatif terbaik tanpa mengesampingkan sis kemanusiaan dan pengabdian bagi tenaga honorer.

"Kita tentu juga memasukkan faktor-faktor seperti harus terus terjaganya kualitas pelayanan publik. Insyaallah nanti opsi terbaik bagi semuanya yang akan dijalankan oleh pemerintah, dengan mempertimbangkan berbagai faktor," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, penataan tenaga honorer dilakukan seiring dengan telah terbitnya surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.B/185/M.SM.02.03/2022.

Baca Juga: Selamat! 5 Honorer Kategori Ini Prioritas Diangkat jadi PNS Lewat RUU ASN, Anda Termasuk?

Halaman:

Editor: Didin Nurdin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X