Resmi! Honorer Diangkat PNS Tanpa Tes Jika Dinyatakan Lolos Tahapan Ini di Tahun 2023, Non ASN Wajib Tahu

- Jumat, 16 Desember 2022 | 10:18 WIB
Berikut cara honorer agar diangkat jadi PNS. (Humas Pemkab Sleman)
Berikut cara honorer agar diangkat jadi PNS. (Humas Pemkab Sleman)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah secara resmi memberikan hak untuk honorer diangkat PNS tanpa tes jika para pegawai non ASN sudah dinyatakan lolos tahapan ini untuk tahun 2023 nanti.

Menjelang pergantian tahun 2023 ini, nasib tenaga honorer sedang dilanda kekhawatiran setelah pemerintah mencanangkan honorer dihapus mulai tahun depan.

Sementara KemenPAN RB sempat menegaskan juga terkait nasib honorer 2023 yang menjelaskan bahwa tidak mungkin honorer diangkat PNS tanpa tes. Harus melalui tahapan seleksi rekrutmen serta verifikasi sejumlah data. Lantas apakah honorer diangkat jadi ASN tanpa tes itu memang tidak ada?

 Baca Juga: Ini Bocoran 17 Instansi Pemerintah dengan AKHLAK Terbaik versi Kementerian PANRB

Isu honorer diangkat jadi PNS memang menjadi salah satu cita-cita terbesar para pegawai non ASN, terlebih jika proses pengangkatan jadi bagian Pegawai Negeri Sipil ini tanpa harus melalui tes maupun tahapan lainnya.

Kabar honorer diangkat tanpa tes ini masih santer jadi perhatian publik, terlebih lagi pemerintah di tahun 2023 nanti akan membuka sejumlah rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Info terbaru honorer diangkat PNS akhirnya mulai menemui jalan terang setelah pemerintah memberikan sinyal akan membuka proses pengangkatan non ASN menjadi ASN di tahun depan.

Meskipun tak diinformasikan secara jelas, nyatanya honorer diangkat PNS tanpa tes itu memang benar adanya jika saja non ASN tersebut sudah dinyatakan lolos tahapan ini di tahun 2023. Simak penjelasan berikut agar tidak salah paham.

 Baca Juga: Hati-hati! Ada 7.089 Fintech Pinjol Ilegal sudah Diblokir Kominfo sejak 2017

Pemerintah memang menegaskan bahwa honorer diangkat menjadi PNS tanpa melalui tes itu tidak mungkin ada. Namun ada kemungkinan bisa lolos jadi ASN tanpa harus mengikuti tes lagi jika dinyatakan sudah lolos tahapan ini.

Tahapan itu meliputi saat honorer mengikuti pendaftaran CPNS 2023 kemudian dinyatakan lolos setelah menjalani tiga tahap rekrutmen di dalamnya. Sebab, jika sudah dinyatakan lolos maka para perlamar tak perlu lagi melaksanakan tes, tinggal melengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan sebelum honorer diangkat jadi ASN.

Dikutip dari laman resmi daftarcpns.id, tiga tahapan penentu kelulusan honorer jadi PNS dalam rekrutmen CPNS 2023 yakni Seleksi Administrasi, kemudian Seleksi Kompetensi Dasar yang mencakup tes wawasan kebangsaan, tes integritas umum dan tes karakteristik pribadi.

Kemudian tahapan yang ketiga yakni Seleksi Kompetensi Bidang yang mencakup tes substantif bidang, psikotes, wawancara dan tes keterampilan.

 Baca Juga: Heboh Pemerintah Akan Beri Subsidi Mobil dan Motor Listrik, Pihak Kemenkeu Malah Bilang Begini

Halaman:

Editor: Imanudin Ar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X