Patahan Baru Sesar Cugenang Memanjang 9 Kilometer Lewati 9 Desa, BMKG Gambarkan Peta Penyebab Gempa Cianjur

- Jumat, 9 Desember 2022 | 15:12 WIB
BMKG gambarkan patahan baru Sesar Cugenang penyebab gempa Cianjur. (BMKG)
BMKG gambarkan patahan baru Sesar Cugenang penyebab gempa Cianjur. (BMKG)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG gambarkan peta penyebab gempa Cianjur, yakni patahan baru Sesar Cugenang yang memanjang sekitar 9 kilometer serta melewati 9 desa di sekitarnya.

Peta patahan baru Sesar Cugenang ini disebut-sebut jadi penyebab gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo yang awalnya diduga dipicu oleh pergerakan Sesar Cimandiri.

Sesar baru ini ditemukan setelah tim BMKG melakukan identifikasi terhadap wilayah terdampak gempa Cianjur terparah, yakni Desa Cugenang hingga patahan baru itu dinamakan Sesar Cugenang yang ditaksir memanjang 9 kilometer serta lewati 9 desa dari 2 kecamata yang berbeda.

 Baca Juga: Terungkap, Jenazah Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Sempat Ditolak Keluarga

Melalui konferensi pers yang dilangsungkan secara dari pada Kamis, 8 Desember 2022, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan patahan baru Sesar Cugenang di wilayah Cugenang.

Menurut Kepala BMKG, aktivitas Patahan Cugenang ini menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur yang dahsyat hingga menyebabkan sejumlah kerusakan besar, dimana pada awalnya diperkirakan disebabkan oleh pergerakan Sesar Cimandiri.

Dwikorita menjelaskan juga bahwa patahan baru ini teridentifikasi melintasi Kecamatan Cugenang, dimana beberapa desa di sekitarnya memiliki risiko tertinggi dalam hal kerusakan jika Sesar Cugenang itu memperlihatkan adanya pergerakan.

Sebagai tambahan informasi untuk masyarakat, BMKG gambarkan peta penyebab gempa Cianjur, yakni patahan baru Sesar Cugenang yang memanjang sekitar 9 kilometer serta melewati 9 desa dari 2 Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

 Baca Juga: Masa Kerja Anggota PPK dan PPS Pemilu 2024 Berapa Lama? Cek! Ini Jadwal dan Honor yang Bakal Didapat

Halaman:

Editor: Imanudin Ar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X