Segini Gaji Pensiunan dan Fasilitas Jokowi-Ma'ruf Amin bila Pensiun di 2024

- Jumat, 9 Desember 2022 | 13:55 WIB
segini gaji pensiunan Presiden Jokowi dan Maruf Amin saat pensiun  (suara.com)
segini gaji pensiunan Presiden Jokowi dan Maruf Amin saat pensiun (suara.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM-- Seperti pejabat ASN lainnya, Presiden Jokowi dan wakilnya Ma'ruf Amin juga akan memasuki masa pensiun. Lalu berapa uang pensiun yang diterima nantinya?

Diketahui 2024 mendatang, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan memasuki pensiun dan digantikan Presiden RI dan wakil presiden yang baru.

Selayaknya pejabat tinggi negara yang lain, presiden dan wakil presiden juga bakal menerima uang pensiunan, serta tunjangan lainnya guna menunjang kehidupan di hari tua.

Sekadar diketahui, aturan Uang pensiunan dan gaji Presiden RI ini diatur dalam UU Nomor 7, Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden, serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Dasar hukum tersebut masih berlaku hingga saat ini, dan belum mengalami revisi sama sekali.

Di mana pada Bab III Pasal 6 ayat 1 disebutkan, Presiden dan Wakil Presiden RI yang berhenti dengan hormat dari jabatannya, maka berhak memperoleh dana pensiun.

Sedangkan ayat 2 menyebutkan, besarnya pensiunan pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, adalah 100 persen dari gaji pokok terakhir.

Masih pada UU Nomor 7 Tahun 1978, gaji presiden, ditetapkan sebesar 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara, selain presiden dan wakil presiden.

Sementara, untuk gaji wakil presiden, yakni 4 kali gaji pokok tertinggi pejabat negara, selain presiden dan wakil presiden.

Sekadar diketahui, nominal gaji pejabat yang terbesar negara selain presiden dan wakilnya yakni sebesar Rp 5.040.000 per bulan.

Halaman:

Editor: Nur Izzati

Tags

Terkini

X