Ancaman Sesar Cugenang Lebih Mengerikan dari Sesar Cimandiri? BMKG Temukan Sesar Baru Penyebab Gempa Cianjur

- Jumat, 9 Desember 2022 | 09:37 WIB
BMKG temukan Sesar baru penyebab gempa Cianjur, Sesar Cugenang. (BMKG)
BMKG temukan Sesar baru penyebab gempa Cianjur, Sesar Cugenang. (BMKG)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menemukan bahwa penyebab gempa Cianjur 21 November lalu ternyata adanya Sesar baru, yakni Sesar Cugenang yang ditaksir ancaman-nya lebih mengerikan dari Sesar Cimandiri.

Sebelumnya BMKG menduga dua kemungkinan penyebab gempa Cianjur, yakni berasal dari patahan Sesar Cimandiri atau Sesar Lembang yang melintang dari garis wilayah Bandung, Sukabumi hingga Cianjur.

Namun rupanya setelah melakukan investigasi mendalam, BMKG temukan Sesar Baru, yakni Sesar Cugenang yang ternyata menjadi penyebab gempa Cianjur serta ditaksir memiliki tingkat ancaman lebih mengerikan keitmbang Sesar Cimandiri.

 Baca Juga: BWF World Tour Finals 2022: The Daddies Rebut Tiket ke Semifinal

Termuan terbaru BMKG terkait indikasi Sesar Cugenang penyebab gempa Cianjur pada 21 November lalu ini sekaligus membantah kengerian aktivitas Sesar Cimandiri yang sebelum-belumnya sempat disebut menjadi pemicu guncangan dahsyat di salah satu wilayah Jawa Barat itu.

Penemuan Sesar baru ini diinformasikan secara langsung oleh Kepala BMKG Dwikorita Karnawati yang mengungkapkan bahwa gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo itu disebakan oleh aktivitas patahan Cugenang yang terletak di garis yang sudah dipetakan yakni di daerah Cugenang itu sendiri.

Akhirnya temuan terbaru BMKG ini sekaligus menjawab pertanyaan kenapa pada saat gempa Cianjur, daerah Cugenang jadi wilayah terdampak paling parah dalam hal kerusakan. Hal itu disebabkan karena daerah tersebut memang tertletak di titik patahan Sesar baru, yakni Sesar Cugenang.

Lantas apakah benar ancaman Sesar Cugenang lebih mengerikan dari Sesar Cimandiri?

 Baca Juga: Injil Renungan Katolik Hari ini Sabtu 10 Desember 2022 Anak Manusia Akan Menderita oleh Mereka

Halaman:

Editor: Imanudin Ar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X