Status Gunung Semeru Awas, 20 Gunung Api di Indonesia Waspada-Siaga, Jawa Barat Berstatus Ini

- Rabu, 7 Desember 2022 | 21:09 WIB
Gunung Tangkuban Parahu │Status Gunung Semeru Awas, 20 Gunung Api di Indonesia Waspada-Siaga, Jawa Barat Berstatus Ini (website magma.esdm.go.id)
Gunung Tangkuban Parahu │Status Gunung Semeru Awas, 20 Gunung Api di Indonesia Waspada-Siaga, Jawa Barat Berstatus Ini (website magma.esdm.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) status gunung Semeru saat ini adalah gunung api di Indonesia dengan tingkat aktivitas level IV awas.

Terpantau dalam pengamatan visual pada hari ini, 7 Desember 2022 gunung api Semeru tertutup kabut, asap kawah tidak teramati, cuaca cerah hingga berawan, dan angin lemah ke arah timur laut.

Hingga kini masih diwaspadai berpotensi terdapat awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak gunung api Semeru. Bagaimana dengan Jawa Barat?

Baca Juga: Prediksi Skor dan Bursa Taruhan 16 Besar Portugal vs Swiss, Os Navegadores Menang Tipis 

Melansir dari laman Magma Indonesia, selain status gunung Semeru awas ada 20 gunung api lainnya yang berstatus waspada hingga siaga.

Berikut ini daftar gunung api di Indonesia dengan tingkat aktivitas status level IV awas, level III siaga, dan level II waspada.

Level IV awas hanya 1 gunung api yaitu gunung Semeru - Jawa Timur.

Level III siaga ada 3 gunung api, yaitu (1) Anak Krakatau – Lampung, (2) Ili Lewotolok - Nusa Tenggara Timur, dan (3) Merapi - Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Link Pendaftaran Rekrutmen BUMN 2022 Batch 2, Login Cek Kuota Lowongan Ditutup Hari Ini 

Halaman:

Editor: Herawati Ningsih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X