Waspada Gempa Jember! 54 Kali Gempa Susulan di Selatan Jatim, BMKG: Banyak Tsunami Mematikan Akibat Ini

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:13 WIB
BMKG: Banyak Tsunami Mematikan Akibat gempa mirip Jember (Pixabay)
BMKG: Banyak Tsunami Mematikan Akibat gempa mirip Jember (Pixabay)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Daryono yang merupakan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan hingga malam pukul 21.00 WIB 6 Desember 2021 tercatat sudah terjadi gempa susulan sebanyak 54 kali di selatan Jatim.

Gempa susulan tersebut dampak dari gempa Jember berkekuatan 6 magnitudo yang terjadi pada Selasa ukul 13.07.48 WIB.

"Hasil montoring BMKG terhadap gempa selatan Jatim sampai pukul 21.00 WIB terjadi 54 kali gempa susulan," terang Daryono di Facebook.

Baca Juga: Bansos ini Cair Desember 2022: Ibu Hamil, Anak dan Lansia Dapat Rp2,4 Juta

Pusat gempa berada di koordinat 10.70 derajat Lintang Selatan. 113,38 derajat Bujur Timur lebih tepatnya di laut pada jarak 223 kilometer arah selatan Kota Jember dengan kedalaman 10 km.

Gempa Jember tersebut dapat dirasakan hingga Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung dengan skala intensitas III MMI atau seperti getaraan ssaat ada truk berlalu.

Gempa tersebut juga turut dirasakan di daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI. Getarannya tidak semua orang terasa, hanyaa benda-benda ringan yang tergantunglah yang bergoyang.

Selain daerah tersebut gempa Jember juga turut dirasakan di daerah  Madiun, Ponorogo, Bantul, Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI sama dengan di daerah Kuta.

Halaman:

Editor: Irma Joanita

Sumber: BMKG, Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X