4 Jenis Mainan yang Dapat Melatih Motorik Halus Anak di Usia 3 Tahun

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:23 WIB
Mainan anak (ruparupa.com)
Mainan anak (ruparupa.com)



AYOBANDUNG.COM -- Mengasah kemampuan motorik anak perlu dilakukan sejak kecil. Ada dua jenis kemampuan motorik yang perlu kita latih, yaitu motorik kasar dan halus.
Motorik kasar adalah kemampuan si kecil untuk melakukan gerakan yang lebih besar, seperti berjalan, berlari, dan melompat.

Setelah si kecil sudah mulai bisa menguasai kemampuan motorik kasar, kita bisa mengasah motorik halusnya, yaitu memegang pensil, menggambar, menggenggam, dan memindahkan barang.

Salah satu cara paling mudah untuk membantu melatih motorik si kecil adalah dengan mainan. Berikut ini beberapa jenis mainan edukatif yang bisa kamu berikan buat si kecil.

1. Mainan Bongkar-Pasang

Mainan bongkar-pasang akan melatih si kecil untuk menggenggam, mengasah kreativitas, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Kamu dapat memberikan mereka mainan bongkar pasang yang menyenangkan, seperti mainan LEGO dan puzzle.

Baca Juga: Ricky Rizal Tidak Bisa Mencegah Pembunuhan Brigadir J hingga Beda Perlakuan Ferdy Sambo pada Bharada E

2. Mainan Mobil-mobilan

Sering disebut sebagai mainan anak laki-laki, mobil-mobilan juga bisa untuk perempuan dan bermanfaat untuk mengasah kemampuan motorik si kecil. Soalnya, si kecil bisa berlatih menggenggam dan memindahkan mainan tersebut. Saat mobil-mobilan berjalan menjauh, mereka juga bisa ikut bergerak untuk mengejarnya. 

3. Mainan Play-Doh

Mainan plastisin seperti Play-Doh juga bisa membantu melatih kemampuan motorik halus anak. Mereka akan belajar menekan dan membentuk Play-Doh menjadi suatu benda. Bahkan, kamu bisa mengajak si kecil untuk membuat bentuk-bentuk menarik sambil mengasah imajinasi mereka.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencari Pekerjaan

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:20 WIB
X