Mengenal Sesar Aktif di Indonesia, Jawa Barat Ada 7 Sesar Ancaman, Terbaru Cimandiri Guncang Cianjur

- Minggu, 4 Desember 2022 | 10:43 WIB
Berikut daftar Sesar aktif di Indonesia dan Jawa Barat. (Pusat Survei Geologi, Badan Geologi)
Berikut daftar Sesar aktif di Indonesia dan Jawa Barat. (Pusat Survei Geologi, Badan Geologi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Hemparan sejumlah pulau di Indonesia rupanya hingga saat ini masih memiliki Sesar aktif, di Jawa Barat terdapat sekitar 7 Sesar yang bisa jadi ancaman, terbaru ada Sesar Cimandiri yang mengguncang hebat wilayah Cianjur.

Sesar aktif di Indonesia terhitung lumayan banyak karena letak geografis kepulauannya berada di cincin api Pasifik atau biasa dikenal Ring of Fire.

Wilayah Jawa Barat sendiri terhitung terdapat sekitar 7 Sesar aktif yang memiliki potensi sebagai ancaman besar. Terbaru yakni Sesar Cimandiri yang mengguncangkan wilayah Cianjur hingga menyebabkan sejumlah kerusakan dahsyat dan menelan korban jiwa

 Baca Juga: Liga 1 2022/2023 Kembali Bergulir dengan Sistem Bubble, Bek Persib Bandung Sambut Antusias

Berdaasrkan publikasi Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia pada tahun 2017, Sesar aktif di Indonesia terdapat sekitar 295 dan cenderung terus bertambah.

Pengertian Sesar itu sendiri yakni merupakan suatu rekahan yang mengalami pergerakan hingga memicu adanya getaran dan guncangan dari dalam bumi.

Masyarakat sangat dihimbau agar mengetahui sebaran Sesar aktif di Indonesia, terutama di sejumlah titik yang berdekatan dengan tempat tinggalnya guna bisa mengantisipasi berbagai ancaman dan kemungkinan penyebab dari pergerakan dari dalam bumi tersebut.

Agar bisa menjadi referensi masyarakat, berikut sebaran Sesar aktif di wilayah Indonesia yang masih memiliki potensi memicu guncangan hebat serta 7 Sesar aktif di Jawa Barat yang diindikasi masih menjadi sebuah ancaman.

 Baca Juga: Gempa Tasikmalaya Kembali Terjadi, Kekuatan Lebih Besar

Halaman:

Editor: Imanudin Ar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X