Pemerintah Akan Bangun Rumah untuk Korban Gempa Cianjur, Menteri Basuki: Tahan Gempa, Sudah Dibuktikan

- Jumat, 2 Desember 2022 | 11:27 WIB
 Ilustrasi - Pemerintah akan membangun 200 rumah untuk relokasi korban gempa Cianjur, pada tahap pertama. (AyoBandung.com/Muhammad Ikhsan)
Ilustrasi - Pemerintah akan membangun 200 rumah untuk relokasi korban gempa Cianjur, pada tahap pertama. (AyoBandung.com/Muhammad Ikhsan)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah akan membangun 200 rumah untuk relokasi korban gempa Cianjur, pada tahap pertama.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bangunan rumah tersebut dipastikan tahan dari guncangan gempa bumi.

Basuki menjelaskan pembangunan rumah tersebut menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat atau Risha.

Baca Juga: Banyak Sesar Aktif Termasuk Sesar Lembang, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Beri Pesan Ini

Saat ini, Kementerian PUPR memiliki banyak stok Risha untuk digunakan bangun rumah buat korban relokasi.

"Kami mempunyai stok rumah risha yang tahan gempa, yang sudah proven teknologinya," ujar Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/12/2022), seperti diberitakan Suara.com.

Menurut dia, teknologi Risha sudah terbukti manjur tahan dari bencana gempa bumi.

Basuki mengungkapkan, di Cianjur sendiri sudah memiliki bangunan rumah hingga sekolah yang menggunakan teknologi Risha, di mana saat ini masih kokoh berdiri.

Baca Juga: Bantuan Tunai Rumah Gempa Cianjur Segera Cair, Ini Besaran dan Waktu Pencairan

"Jadi kita sudah proven yang kita pakai di Aceh, NTT, NTB, Sulawesi Tengah itu dengan teknologi Risha, nah ini akan kita bangun di Cianjur, tahap pertama kita akan dibangun 200 rumah," ucap dia.

Adapun spesifikasi rumah yang akan dibangun memiliki luas bangunan 36 meter persegi dengan luas tanah sebesar 90 meter persegi.

Sebelum dibangun, tambah Basuki, pihaknya bersama TNI/Polri akan membersihkan puing-puing reruntuhan rumah.

"Untuk pembersihan puing-puing tadi sampaikan oleh Bapak Menko ditangani langsung oleh BNPB bekerja sama dan didukung oleh TNI Polri dan mungkin nanti PUPR dengan alat-alat beratnya yang segera harus kita lakukan seperti halnya di tempat lain," pungkas dia.***

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X