Segera Migrasi ke TV Digital, Siaran TV Analog di Bandung, Semarang, Solo dan Batam Dimatikan Hari Ini

- Jumat, 2 Desember 2022 | 10:45 WIB
Segera Migrasi ke TV Digital karena siaran TV Analog di Bandung, Semarang, Solo dan Batam akan dimatikan hari Ini (Freepik)
Segera Migrasi ke TV Digital karena siaran TV Analog di Bandung, Semarang, Solo dan Batam akan dimatikan hari Ini (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari ini Jumat 2 Desember 2022 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan akan menghentikan siaran TV analog atau biasa disebut dengan analog switfh off (ASO) tahap ke-dua.

Penghentian siaran TV analog tahap 1 telah dilakukan di daerah Jabodetabek pada tanggal 2 November 2022, sekarang giliran daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau yang harus segera migrasi ke TV digital.

"Lembaga penyiaran swasta dan pemangku kepentingan lainnya sudah menetapkan tanggal untuk penghentian siaran analog, 2 Desember jam 24.00," kata Geryantika Kurnia selaku DIrektur Penyiaran Kementerian Kominfo.

Baca Juga: Bandung, Solo dan Semarang Migrasi Siaran Analog, Jumat Sudah TV Digital

Penghentian siaran TV analog tahap 2 pada tanggal 2 Desember akan dilaksanakan di Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan juga Batam.

Khusus untuk daerah Batam penghentian siaran TV analog dilakukan dengan tujuan menghindari perselisihan dengan negara tetangga yaitu Singapura akibat interfensi spektrum frekuensi radio.

Penerapan ASO dan penggunaan TV digital sudah dilakukan oleh Singapura dan Malaysia sejak 2019 lalu.

Baca Juga: Mau Migrasi dari TV Analog ? Ini Plus Minus TV Digital dan Layanan Streaming

Terdapat 696 stasiun televisi yang mengudara di tanah air, sehingga membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan stasiun televisi terbanyak.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X