Luka-liku di tengah Bencana Gempa Cianjur, Warga Mengadu ke Ridwan Kamil

- Rabu, 30 November 2022 | 12:45 WIB
Luka-liku Ditengah Bencana Gempa Cianjur, Warga Mengadu ke Ridwan Kamil (Instagram/Ridwankamil)
Luka-liku Ditengah Bencana Gempa Cianjur, Warga Mengadu ke Ridwan Kamil (Instagram/Ridwankamil)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Indonesia tepatnya kota Cianjur dilanda musibah gempa bumi pada tanggal 21 November 2022 lalu dengan kekuatan magnitudo 5,6. Gempa Cianjur menyebabkan lebih dari 327 meninggal dunia.

Hingga tanggal 29/11/2022, BPBD Cianjur mencatat akibat gempa Cianjur 83.747 rumah rusak, dan pengungsi 108.720 dengan 16 kecamatan dan 169 desa yang terdampak.

Isu dari mulainya terjadinya gempa Cianjur hingga saat ini terus bermunculan, dari pungli, tarik mundurnya para relawan, kurang merata, bahkan yang tidak terdampak pun meminta sembako dan baru-baru ini soal agama.

Warga yang tidak tahu apa-apa lantas terkejut dan sangat disayangkan atas kejadian tersebut, mengingat mereka sangat butuh bantuan ditengah situasi yang begitu berat.

Baca Juga: Pengusaha Serius Kembangkan Pengolahan Limbah Medis, Dinkes Jabar Siap Beri Pendampingan

Dilansir dari unggahan Instagram, Ridwan Kamil mengatakan, pendistribusian bantuan terkendala akibat macet total karena jalanan desa yang sempit.

“Jalanan desa di zona bencana yang sempit rata-rata 4-6 m menjadi macet total setiap pagi sampai sore. Belum pada parkir di pinggir jalan yang memang sudah sempit, sehingga evakuasi korban dan distribusi kepada para pengungsi menjadi sering terkendala dan sangat lama,” tulis Emil dalam unggahan Instagramnya

Emil mengimbau, agar efisien dan tertib cukup memakai mobil bantuan seperlunya tim perwakilan atau dititipkan ke organisasi relawan yang resmi.

“Semoga dengan hati yang berempati, batin yang bijak, dan pikiran yang jernih, imbauan ini bisa dipahami,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X