Penempatan Guru Honorer P2 dan P3 Lulus Seleksi Penilaian PPPK 2022 jika Tidak Ada Formasi di Sekolah Induknya

- Rabu, 30 November 2022 | 10:44 WIB
Penempatan Guru Honorer P2 dan P3 Lulus Seleksi Penilaian PPPK 2022 jika Tidak Ada Formasi di Sekolah Induknya (SSCASN BKN)
Penempatan Guru Honorer P2 dan P3 Lulus Seleksi Penilaian PPPK 2022 jika Tidak Ada Formasi di Sekolah Induknya (SSCASN BKN)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penempatan guru honorer P2 dan P3 jika dinyatakan lulus dalam seleksi penilaian PPPK 2022 akan ditempatkan disekolah induknya. Namun, jika disekolah induknya tersebut sedang tidak membuka kuota formasi lantas penempatannya bagaimana? Begini penjelasan dari Kemdikbudristek untuk menjawab masalah itu?

Dirangkum dari dokumen yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang menjelaskan mengenai proses seleksi guru ASN PPPK tahun 2022 yakni dilaksanakan melalui 3 jenis mekanisme seleksi.

Mekanisme pertama melakukan penyelesaian sebanyak 193 ribu guru yang telah lulus passing grade (PG). Pada proses mekanisme ini diberlakukan penempatan individu yang telah lulus nilai ambang batas pada seleksi Tahun 2021 di tempat tugasnya masing-masing atau disatuan pendidikan yang membutuhkan.

Baca Juga: Prediksi Skor dan Bursa Taruhan Polandia vs Argentina, Tango Butuh Lionel Messi

Pelamar yang akan mengikuti rangkaian proses mekanisme pertama ini yakni THK - II, Guru Sekolah Negeri, Lulusan PPG, Guru Swasta. Jika para pelamar ini telah memenuhi kuota formasi dan sudah tercukupi maka selanjutnya mekanisme kedua akan diberlakukan dengan catatan masih ada formasi guru PPPK yang dibuka.

Mekanisme kedua ini akan dilakukan setelah pemenuhan pelamar P1 dan masih ada kuota formasi guru PPPK. Seleksi penilaian PPPK 2022 ini merupakan seleksi kesesuaian/verifikasi untuk 724.029 guru honorer negeri.

Seleksi penilaian PPPK 2022 ini dilakukan dengan mempertimbangkan dimensi kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian terhadap pelamar P2 dan P3.

Pelamar yang akan melalui tahapan mekanisme dua ini adalah THK - II, Guru Honorer Negeri yang aktif mengajar minimal lebih dari 3 tahun dan terdatfar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jika masih tersedia formasi jabatan guru PPPK 2022 pada tahapan seleksi ini maka selanjutnya akan dibuka seleksi PPPK guru dengan proses tes.

Baca Juga: Kalender Islam 2023 Lengkap Daftar Hari Besar Islam 1444-1445 H, Kapan Puasa?

Halaman:

Editor: Didin Nurdin

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X