Satu Keluarga yang Tewas di Kalideres Diduga Jalani Ritual, Ada Bukti Mantra hingga Kemenyan

- Selasa, 29 November 2022 | 16:56 WIB
Fakta Terbaru Kasus Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Sempat Pinjam Uang Rp 50 Juta ke Tukang Jamu?  (Suara.com)
Fakta Terbaru Kasus Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Sempat Pinjam Uang Rp 50 Juta ke Tukang Jamu? (Suara.com)

AYOBANDUNG.COM -- Untuk mengungkap motif kematian satu keluarga di Perum Citra Garden Extension I, Kalideres, Jakarta Barat--yang diduga adanya aktivitas ritual--polisi akan menggandeng ahli sosiologi agama.

Dilibatkannya ahli sosiologi agama ini dilakukan menyusul adanya dugaan aktivitas ritual tertentu yang dijalani salah satu korban atas nama Budyanto (69).

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan ahli sosiologi agama ini nantinya akan mendalami beberapa barang bukti aktivitas ritual berupa buku lintas agama, mantra, hingga kemenyan.

"Kami akan mengundang ahli sosiologi agama, untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku, serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP," kata Hengki kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Kisah Relawan Gempa Cianjur Hampir Tertipu Pencari Bantuan Sembako

Sebelumnya Hengki menyebut berdasar hasil analisa yang dilakukan asosiasi Psikologi Forensik salah satu korban atas nama Budyanto diduga menjalani aktivitas ritual tertentu.

"Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan, yang mengarah kepada almarhum Budyanto, bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu," ungkap Hengki.

Selain itu, Hengki menyebut penyidik juga menemukan barang bukti berupa buku lintas agama, mantra, hingga kemenyan. Barang bukti ini diduga memiliki keterkaitan dengan aktivitas ritual Budyanto.

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu belief dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu. Selain itu ditemukan juga buku-buku lintas agama, serta mantra dan kemenyan," bebernya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X