2 Guru Honorer Memperebutkan 1 Formasi, Begini Mekanisme Kesesuaian Pelamar P2 dan P3 Penilaian PPPK 2022

- Selasa, 29 November 2022 | 14:19 WIB
2 Guru Honorer Memperebutkan 1 Formasi, Begini Mekanisme Kesesuaian Pelamar P2 dan P3 Penilaian PPPK 2022 (Instagram @cpns_asn)
2 Guru Honorer Memperebutkan 1 Formasi, Begini Mekanisme Kesesuaian Pelamar P2 dan P3 Penilaian PPPK 2022 (Instagram @cpns_asn)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Peluang diterimanya pelamar P2 dan P3 dalam seleksi PPPK Guru yakni sebesar 1:2. Satu formasi diperebutkan oleh dua guru honorer, berikut penjelasan mengenai mekanisme kesesuaian pelamar P2 dan P3 dalam penilaian PPPK 2022 dari Kemdikbudristek.

Terdapat 3 mekanisme dalam proses seleksi Guru ASN PPPK 2022 yang dilakukan oleh SSCASN BKN dan Kemdikbudristek. Mekanisme pertama diperuntukan bagi pelamar P1 sedangkan mekanisme kedua akan dilakukan jika masih tersedia kuota formasi setelah pemenuhan kebutuhan pelamar P1 tercukupi, dan sisanya diperuntukan bagi P2 dan P3.

Dirangkum dari dokumen Kemdikbudristek dengan judul seleksi guru ASN PPPK 2022, berikut penjelasan mengenai seleksi kesesuaian verifikasi bagi pelamar THK-II dan guru honorer yang bertugas di sekolah negeri terdaftar didalam Data Pokok Pendidikan yang telah bekerja minimal 3 tahun lamanya.

Baca Juga: Cara Buat Akun Pengawas Aplikasi SIM Penilaian PPPK 2022 Pelamar Guru P2 P3 oleh Dinas Pendidikan dan BKPSDM

Seleksi kesesuaian atau verifikasi bagi guru honorer pelamar P2 dan P3 dilaksanakan apabila masih tersedia kuota formasi PPPK Guru, setelah penempatan guru yang lulus passing grade tercukupi dan masih ada sisa kuota.

Pada seleksi ini, dilakukan dengan menilai kesesuaian 4 dimensi yakni pertama, kualifikasi Akademik dan/atau sertifikat pendidik dengan mempertimbangkan linieritas antara bidang tugas atau mata pelajaran. Kualifikasi yang dipersyaratkan yakni Sarjana (S-l), Diploma Empat (D-IV), dan/atau Sertifikat Pendidik.

Tolak ukur dimensi yang kedua memperhitungkan penilaian kesesuaian Kompetensi Teknis yang terdiri dari penilaian profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.

Selanjutnya, penilaian dimensi kesesuaian Kinerja yang meliputi orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, dan kerja sama.

Baca Juga: Nasib 193 Guru Honorer P1, P2G Sebut Mestinya Mendapatkan Formasi dan Diangkat Menjadi ASN PPPK 2022

Halaman:

Editor: Didin Nurdin

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Segini Gaji Pantarlih Pemilu 2024, Berikut Tugasnya!

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:47 WIB
X