Sabun Cuci Tangan Karya Siswa SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Desa

- Senin, 28 November 2022 | 22:20 WIB
SMKN 1 Garut terus melakukan berbagai inovasi yang dapat diterapkan di lingkungan sendiri maupun masyarakat.    (Istimewa)
SMKN 1 Garut terus melakukan berbagai inovasi yang dapat diterapkan di lingkungan sendiri maupun masyarakat. (Istimewa)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai satuan pendidikan yang mengusung kompetensi keahlian, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri atau SMKN 1 Garut terus melakukan berbagai inovasi yang dapat diterapkan di lingkungan sendiri maupun masyarakat.

Salah satu inovasi yang cukup menonjol dan hingga kini terus berlangsung yaitu inovasi sabun cuci piring yang dibuat siswa siswi SMKN 1 dari Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK).

Kendati harga jualnya sangat ekonomis dengan bahan baku mudah diperoleh dengan harga terjangkau, kemanfaatan sabu cuci piring diproduksi sejak 2020 itu besar bagi masyarakat.

Baca Juga: Selamat! KemenPAN RB Umumkan Peserta Lolos Seleksi Administrasi PPPK Tenaga Kesehatan 2022, Cek Namamu di Sini

Bukan hanya bermanfaat membersihkan peralatan makan dan masak, menghilangkan minyak pada peralatan makan, dan tidak membuat tangan iritasi.

Dengan pembuatan serta penjualan sabun cuci piring kerjasama CV Padawangi itu, SMKN 1 Garut secara nyata turut mendorong pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan untuk bisa maju dan mandiri.

Semisal dengan Kelurahan Jayawaras serta Kelurahan Paminggir melalui pelatihan pembuatan sabun cuci piring skala kecil sebagai bagian dari penerapan program SMD atau SMK Masuk Desa.

"Antusias ibu-ibu kader Posyandu luar biasa. Alhamdulilah, sampai sekarang kerjasama dengan Kelurahan Jayawaras terus berlangsung. Mereka secara rutin memesan produk sabun cuci piring kita untuk dipakai maupun didistribusikan," kata Koordinator Inovasi SMKN 1 Garut Reni Puspita Dewi didampingi Kepala SMKN 1 Garut Bejo Siswoyo dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Nurdin, Jumat, 25 November 2022.

Baca Juga: Kado Spesial Dari Mendikbud, Sebanyak 600 Ribu Guru Honorer Diangkat ASN PPPK Akhir Tahun 2022!

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X