Gempa Tektonik Guncang Pangandaran dan Sekitarnya, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

- Minggu, 27 November 2022 | 10:42 WIB
Gempa berkekuatan 4,6 M terjadi di wilayah Kab. Pangandaran, Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Minggu, 27 November 2022 (BMKG TANGERANG)
Gempa berkekuatan 4,6 M terjadi di wilayah Kab. Pangandaran, Jawa Barat dan sekitarnya pada hari Minggu, 27 November 2022 (BMKG TANGERANG)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gempa berkekuatan 4,6 M terjadi di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan sekitarnya pada Minggu, 27 November 2022 pukul 09:10:55 WIB.

Menurut hasil analisa BMKG, gempa ini diakibatkan oleh aktivitas tektonik.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Episenter atau pusat gempa terletak pada koordinat 8.2 LS dan 108.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km Barat Daya Pangandaran, Jawa Barat.

Baca Juga: Gempa Guncang Banten Sabtu Malam, Penyebabnya Sesar Lokal, Terasa di Sumur, Cibaliung, hingga Bayah

Sementara kedalaman pusat gempa berada pada 38 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

Menurut laporan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini paling dirasakan di wilayah Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II - III.

Meski begitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, namun beberapa warga mengaku benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X