Cek 7 Perbedaan PNS dan PPPK, dari Gaji, Tunjangan hingga Usia Pensiun

- Jumat, 25 November 2022 | 11:33 WIB
Daftar Formasi CPNS 2023 ini Syarat dan Dokumen Pendaftaran, Intip Apakah Gaji PNS Naik Juga Tahun Depan? (Instagram  @gusmnknewsmedia)
Daftar Formasi CPNS 2023 ini Syarat dan Dokumen Pendaftaran, Intip Apakah Gaji PNS Naik Juga Tahun Depan? (Instagram @gusmnknewsmedia)

AYOBANDUNG -- Pekerjaan sebagai abdi negara atau Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah salah satu profesi yang selalu diminati oleh masyarakat Indonesia baik di kota besar hingga daerah-daerah di Tanah Air. Namun tidak seluruh yang bekerja di pemerintahan sebagai ASN itu berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Faktanya, selain PNS, ternyata ada pegawai yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Berikut ini setidaknya tujuh perbedaan dari PNS dan PPPK sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, yang dikutip dari situs Menpan.go.id:

1. Definisi
PNS adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk menduduki jabatan pemerintahan, sementara PPPK adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

2. Batas Usia saat Melamar CPNS & PPPK
Untuk PNS, usia minimal 18 tahun dan usia maksimal 35 tahun, sesuai dengan Pasal 23 ayat (1) huruf a, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Untuk PPPK, usia minimal 20 tahun dan usia maksimal 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar, sesuai Pasal 16 huruf a PP No. 49/2018 tentang Manajemen PPPK.

3. Tahapan Seleksi CPNS & PPPK
CPNS akan mengikutio Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, dan Seleksi Kompetensi Bidang, sesuai Pasal 26 PP No. 11/2017, sementara PPPK akan mengikuti Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi yakni manajerial, teknis, dan sosial kultural, sesuai Pasal 19 PP No. 49/2018.

4. Pemberhentian Hubungan Kerja pada PNS & PPPK
Untuk PNS, pemberhentian dilakukan dengan predikat tertentu.

PNS diberhentikan dengan hormat karena:
- Meninggal dunia
- Atas permintaan sendiri
- Mencapai batas usia pensiun
- Perampingan organisasi atau kebijakan pemerintah yang mengakibatkan pensiun dini
- Tidak cakap jasmani dan/atau rohani sehingga tidak dapat menjalankan tugas dan kewajiban

Untuk PPPK, pemutusan hubungan perjanjian kerja dilakukan dengan predikat tertentu.

Halaman:

Editor: Fairus Tri Rizki

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X