Kenali Zona Gempa Kerak Dangkal di Jawa Barat, Sesar Lembang Berpotensi Sebabkan Kerusakan Parah

- Jumat, 25 November 2022 | 06:08 WIB
Zona gempa kerak dangkal di Jawa Barat, Sesar Lembang berpotensi sebabkan kerusakan parah. Simak selengkapnya!  (kolase scshot/Twitter@DaryonoBMKG)
Zona gempa kerak dangkal di Jawa Barat, Sesar Lembang berpotensi sebabkan kerusakan parah. Simak selengkapnya! (kolase scshot/Twitter@DaryonoBMKG)


LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat harus mulai mewaspadai bahwa Sesar Lembang termasuk kedalam zona sumber gempa kerak dangkal yang berada di wilayah Jawa Barat.

Membentang sepanjang 29 kilometer, Sesar Lembang merupakan salah satu patahan aktif di Jawa Barat yang berpotensi menjadi zona sumber terjadinya gempa kerak dangkal.

Menurut peneliti bagian fisika BMKG, Daryono, terdapat cukup banyak patahan di Jawa Barat yang berpotensi menjadi zona sumber gempa kerak dangkal, salah satunya yaitu Sesar Lembang,

Baca Juga: Apa Itu Gempa Kerak Dangkal? Ini Penjelasan BMKG soal Guncangan di Cianjur Akibat Pergerakan Sesar Cimandiri

Apa itu gempa kerak dangkal?

Melalui akun Twitternya, Daryono menjelaskan, gempa kerak dangkal umumnya memiliki kedalaman sumber gempa berkisar 1-30 kilometer di bawah permukaan tanah..

Rendahnya kedalaman sumber gempa yang sangat dangkal dan terletak di wilayah pemukiman, dapat menjadi faktor yang menyebabkan gempa kerak dangkal memiliki daya kerusakan yang parah.

Pada kasus gempa kerak dangkal, amplitudo gelombang seismik dengan konten frekuensi relatif tinggi dan tidak mengalami atenuasi atau pelemahan energi hingga sampai ke permukaan bumi

Baca Juga: Inilah Dampak yang Akan Terjadi Bila Sesar Lembang Bergetar, Warga Kota Bandung Harus Waspada!

Karakter gempa kerak dangkal dengan frekuensi tinggi ini akan banyak menimbulkan kerusakan karena guncangan tanah yang dibangkitkan sangat kuat.

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X