Keluh Kesah Nasib Honorer Tak Masuk Pendataan Non ASN, Anggota DPR Guspardi Gaus Sarankan ini ke MenPAN-RB

- Kamis, 24 November 2022 | 17:54 WIB
Keluh Kesah Nasib Honorer Tak Masuk Pendataan Non ASN, Anggota DPR Guspardi Gaus Sarankan ini ke MenPAN-RB (Dok. menpan.go.id)
Keluh Kesah Nasib Honorer Tak Masuk Pendataan Non ASN, Anggota DPR Guspardi Gaus Sarankan ini ke MenPAN-RB (Dok. menpan.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Keluh Kesah nasib honorer yang tidak masuk Pendataan Non-ASN, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyarankan ini ke MenPAN-RB Azwar Anas.

Guspardi Gaus menyampaikan bahwa dirinya banyak menemukan kasus diskriminasi terkait pendataan terhadap pegawai non-ASN atau tenaga honorer di daerah.

Menurutnya, hal itu semacam like and dislike yang dilakukan oleh instansi terkait dalam menjalankan surat edaran MenPAN-RB Nomor B/1511/M SM.01.00/2022 tanggal 22 Juli 2022 mengenai Pendataan Tenaga Non-ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah.

Baca Juga: 2.3 Juta Nasib Honorer Perlu Libatkan Hati Penuh Empati Agar 3 Opsi jadi Solusi Bernurani, Begini kata DPR RI

Padahal pendataan non-ASN bukanlah untuk pengangkatan honorer menjadi PPPK atau PNS.

“Padahal itu baru sekedar pendataan terhadap Non-ASN yang memenuhi kriteria bukan dimaksudkan dalam rangka untuk dijadikan para ASN tetapi keluh kesah di daerah sangat luar biasa,” jelas Guspardi dalam Rapat kerja Komisi II dengan Menpan RB dan Kepala BKN, di Senayan, Jakarta, Senin, 21 November 2022.

Dirinya banyak menemukan hal terkait permasalahan tenaga honorer yang saat ini tengah terjadi seperti saat kunjungan Resesnya di Padang Pariaman. Tidak sedikit honorer bidang pendidikan yang sudah lama bekerja tetapi tidak satupun di-update datanya dan oleh BKD.

Selain itu, kasus di Solok Selatan, ada honorer yang bahkan sudah kategori K2 dan sudah mengabdi lama tetapi datanya tidak ada. Bahkan yang bersangkutan malah diberhentikan ketika menjabat, alhasil tidak masuk dalam pendataan non-ASN sesuai surat dengan edaran MenPAN-RB.

Baca Juga: Solusi Masa Depan 2.3 Juta Honorer Dibahas di DPR, Menteri PANRB Tak Ingin Tenaga Non ASN Kehilangan Pekerjaan

Halaman:

Editor: Didin Nurdin

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X