6 Golongan Iuran Kepesertaan BPJS Tidak Akan Dinaikan Hingga 2024, Siapa Saja? Begini Kata Menkes

- Rabu, 23 November 2022 | 18:40 WIB
6 Golongan Iuran Kepesertaan BPJS Tidak Akan Dinaikan Hingga 2024, Siapa Saja? Begini Kata Menkes (Ayobandung.com/Aris Abdulsalam)
6 Golongan Iuran Kepesertaan BPJS Tidak Akan Dinaikan Hingga 2024, Siapa Saja? Begini Kata Menkes (Ayobandung.com/Aris Abdulsalam)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada 6 golongan kepesertaan iuran BPJS Kesehatan dan pemerintah memastikan tidak akan menaikan tarif iuran hingga tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa, 22 November 2022.

Budi menyampaikan pada dasarnya ketika ada kenaikan inflasi biasanya diikuti dengan kenaikan premi asuransi. Akan tetapi secara politik kenaikan tarif premi iuran BPJS Kesehatan masih belum dapat diterima.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Tak Naik hingga 2024 Tapi Melonjak 2 Kali Lipat di 2025? Ali Ghufron Mukti: Terlalu Berat

Ia menambahkan, Presiden meminta kalau bisa tidak dinaikan hingga 2024

Disisi lain pemerintah akan melakukan revisi tarif jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam aturan Perpres Nomor 82/2018 yang ditargetkan rampung Desember dan aturan Permenkes Nomor 52/2016 rampung November ini. Kemudian ada juga revisi mengenai penyesuaian tarif kapitasi dan Indonesia case base Groups (INA-CBG's).

Budi menerangkan, dengan menaikkan INA-CBG's, sampai tahun 2025 kondisi keuangan BPJS masih bisa mengcover kekuatan ini. Sehingga diharapkan pada tahun 2025 jika ada kenaikan tarif hal itu dianggapnya wajar.

Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay menyebut jika saat ini masyarakat tidak memiliki kemampuan andaikan kenaikan tarif iuran BPJS Kesehatan benar-benar terjadi.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Tidak Naik Hingga 2024, Cek Besaran Tarif Resmi November 2022 Apakah Berubah?

Saleh menegaskan bahwa BPJS Kesehatan harus selalu ada untuk rakyat.

Dilansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, ada 6 golongan iuran BPJS Kesehatan tahun 2022 untuk setiap kepesertaannya, sebagai berikut:

1. Peserta penerima bantuan iuran (PBI) jaminan kesehatan akan dibayarkan oleh pemerintah karena tergolong peserta fakir miskin dan orang tidak mampu.

Definisi fakir miskin adalah orang yang tidak mempunyai sumber mata pencaharian. Mempunyai sumber mata pencaharian untuk setiap bulannya tapi tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan keluarganya.

BpjsBaca Juga: Masih Ujicoba, Kelas 1, 2, dan 3 BPJS Kesehatan Dihapus di RS Ini

Halaman:

Editor: Didin Nurdin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X