4 Cara Jitu Merawat Kipas Angin Meja agar Tahan Lama

- Rabu, 23 November 2022 | 17:08 WIB
Kipas angin. (Istimewa)
Kipas angin. (Istimewa)

AYOBANDUNG.COM -- Kipas angin meja merupakan salah satu peralatan elektronik yang mengeluarkan udara segar dan sejuk. Untuk memastikan benda ini tetap bekerja secara optimal, kita perlu merawatnya dengan baik.

Apalagi, ukuran kipas angin yang kecil lebih rentan terhadap kerusakan, terutama jika tidak membersihkannya secara rutin. Selain itu, kotoran yang menempel pada baling-baling kipas juga dapat menghantarkan debu yang tentunya tidak baik bagi pernapasan.

Namun, jangan khawatir, karena kami memiliki beberapa tips merawat kipas angin meja yang bisa kamu ikuti agar tidak mudah rusak, seperti berikut ini.

1. Cabut Kabel Ketika Tidak Digunakan

Hal sederhana pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencabut kabel kipas dari sumber listrik saat sudah selesai menggunakannya.

Pasalnya, badan kipas angin akan terasa cepat panas, sehingga dapat menyebabkan korsleting. Tentunya, cara ini bisa membuat kamu lebih hemat karena tidak ada aliran listrik yang mengalir ke kipas angin.

Baca Juga: Sempat Demo, Ini Alasan Gaji Petugas Kebersihan KBB Turun Capai 50 Persen

2. Vakum Bagian Ventilasi

Setelah memastikan kipas dalam keadaan mati, kamu bisa membersihkan bagian ventilasi kipas menggunakan alat vakum portabel. Jika debu dan kotoran sudah menumpuk, angin yang dikeluarkan kipas akan terasa pengap.

3. Bersihkan Bagian Baling-Baling

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atasi Stres dengan Menjaga Kelembaban Udara Normal

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:19 WIB
X