Semua Honorer Diangkat jadi ASN di 2023? Aminkan! Opsi Ini Bikin Non ASN Full Senyum

- Rabu, 23 November 2022 | 06:24 WIB
semua honorer diangkat jadi ASN di 2023? ini Kata Menpan RB Anas  (ig. cpns.asn)
semua honorer diangkat jadi ASN di 2023? ini Kata Menpan RB Anas (ig. cpns.asn)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM-- Jelang Penghapusan honorer di 2023 mendatang, masalah ASN">non ASN rupanya belum selesai.

Hingga saat ini, Pemerintah masih mencari solusi terbaik dalam penanganan penataan tenaga Non ASN atau honorer.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, sempat menyampaikan 3 alternatif solusi atau jalan tengah penyelesaian untuk mengakomodasi tenaga non-ASN.

3 solusi tersebut di antaranya, tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN, diberhentikan seluruhnya, atau diangkat sesuai dengan skala prioritas.

Dalam hal ini, para honorer tentu bakal senang, bila pemerintah terapkan solusi pertama, yakni tenaga Non ASN diangkat seluruhmya jadi ASN.

Namun, galau di sisi pemerintah. Karena pada prinsipnya,pemerintah ingin pelayanan publik dan reformasi birokrasi berjalan optimal, menuju birokrasi berkelas dunia

Kata Anas, bila tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN, maka tentu butuh kekuatan keuangan negara yang cukup besar.

Selain itu, menurut dia, ada tantangan karena masih meraba-raba kualitas dan kualifikasi tenaga non-ASN tersebut. Dikhawatirkan ada yang kualitasnya belum penuhi syarat.

Solusi yang kedua, tenaga non-ASN diberhentikan seluruhnya. Tapi, opsi ini akan berdampak terhadap kelangsungan pelayanan publik.

Sehingga konsekuensinya yakni terganggunya pelayanan publik. Karena, banyak ASN yang masa pensiunnya sudah tiba, tapi belum ada yang menggantikan di sektor-sektor pelayanan publik, utamanya di sektor pendidikan dan kesehatan.

Halaman:

Editor: Nur Izzati

Tags

Terkini

X