Hebat! Simulator SMKN 6 Bandung Tembus Pasar Vetnam

- Minggu, 20 November 2022 | 18:57 WIB
SMKN 6 Bandung sukses memproduksi berbagai macam produk. Bahkan, simulator produk unggulannya sudah mampu menembus pasar internasional. (istimewa)
SMKN 6 Bandung sukses memproduksi berbagai macam produk. Bahkan, simulator produk unggulannya sudah mampu menembus pasar internasional. (istimewa)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri atau SMKN 6 Bandung sukses memproduksi berbagai macam produk. Bahkan, simulator sebagai produk unggulannya sudah mampu menembus pasar internasional.

Kepala Teknis Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) SMKN 6 Bandung, Agus Surahmat mengatakan, produk anak didiknya berupa simulator kendaraan roda empat sudah dipasarkan ke Vietnam. Bukan hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis simulator kendaraan roda empat yang diproduksi lantas dikirim ke negara di ASEAN tersebut.

Agus menjelaskan, proyek tersebut didapat dari pesanan salah satu mitra industri SMKN 6 Kota Bandung yaitu PT Pudak. Kerja sama antara PT Pudak dengan Vietnam membuat SMKN yang berada di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII Jawa Barat ini lantas mendapatkan pesanan simulator.

Baca Juga: Geger Piala Dunia Qatar 2022 Punya Penonton Bayaran dengan Gaji Fantastis, Apa Aja Syaratnya?

"PT Pudak yang punya proyek dan tender, hanya kita mengerjakan. Mereka memasarkannya ke Vietnam," ungkap Agus.

Menurut Agus, produk simulator yang dihasilkan siswa siswi jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif itu sudah dikenal di seantero negeri menyusul banyaknya pesanan simulator dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Perlu diketahui, Melalui BLUD dan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA), produk-produk yang dibuat para peserta didik sebagai proses belajar pun bisa dipasarkan ke masyarakat. Sebab, sistem BLUD bakal memudahkan untuk melakukan kerja sama dengan dunia industri.

Selain Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, jurusan yang terdapat di SMKN 6 Kota Bandung sendiri yakni Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, dan Teknik Pengelasan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar Dimulai Hari Ini, Pelatih Persib Bandung Jagokan Spanyol

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X